Ketua Timsel KIP Jadi Ketua Timsel Buku 100 Tokoh Sulsel

  • Bagikan
Dr. Hasrullah

MAKASSAR–Ketua tim seleksi calon komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sulawesi Selatan, Dr. Hasrullah, MA ternyata berperan penting pada penerbitan Buku 100 Tokoh Sulsel 2022 – 2024 karena menjadi Ketua Timsel.

Selain itu Hasrullah dikenal luas sebagai penggagas KKN Kebangsaan, pengamat politik dan pemerintahan serta pakar komunikasi.

KKN Kebangsaan merupakan kegiatan tahunan berskala nasional yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sebelum menjadi Ketua Timsel, Pengurus Pusat IKA Unhas ini juga telah diangkat kembali menjadi Ketua Tim Pengembang KKN Kebangsaan Tahun 2023 hingga 2024.

Hasrullah adalah dosen tetap, penulis dan peneliti Universitas Hasanuddin.

Buku 100 Tokoh Sulsel yang kini memasuki tahap finalisasi untuk cetak adalah buku ke-2 yang menyeleksi dan mempromosikan tokoh Sulsel dalam waktu tertentu.

Hasrullah yang low profile memiiki kualifikasi kajian Ilmu Komunikasi (S1), Ilmu komunikasi (S2), dan Spesifikasi kajian komunikasi politik (S3).

Di kampus, Hasrullah mengampu matakuliah: pengantar Ilmu Komunikasi, teori komunikasi, komunikasi politik dan opini publik.

Juga menjadi supervisor mahasiswa ilmu komunikasi jenjang S1 dan S2 dalam bidang penelitian.

Hingga saat ini aktif sebagai kolomnis nasional dan daerah, komentator komunikasi politik di media serta penyunting buku.

Buku yang telah dihasilkan antara lain: Megawati Dalam Tangkapan Pers” LKiS Yogyakarta, Merenda Atmosfir Akademik, Kemandirian Lokal, Pembangunan Berdimensi Insaniah, Takutlah pada Orang Jujur, Dendam Konflik Poso, Pertarungan Elit dalam Bingkai Media, Guru Inspiratif dan Beragam Pers pektif Ilmu Komunikasi.

Untuk penerbitan Buku 100 Tokoh Sulsel 2023 – 2024, Hasrullah juga dipercaya oleh penerbit sebagai Ketua tim seleksi.

Kolomnis tetap media cetak Lokal Fajar dan penulis aktif media Nasional Kompas, Jayakarta, Bisnis Indonesia, Berita Buana, Harian Surya serta konstributor modul Ilmu Komunikasi. Aktif meneliti dan Narasumber kajian dimensi-dimensi komunikasi Politik-Demokrasi Lokal dan Nasional di media massa.

Pengalaman memimpin dalam jabatan struktural; Assosiasi Komunikasi Pascasarjana Universitas Hasanuddin, ISKI, Redaksi Tabloid Mingguan Tegar, Sekertariat Rektor Unhas, staff Khusus Menteri Hukum dan pencetus KKN Internasional.

Sebagai Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan, PP IKA Unhas, Hasrullah aktif menyampaikan saran atau berdiskusi sesuai bidang keahliannya.(RS)

  • Bagikan