Syaifuddin Gani Nakhodai GPMB Sultra

  • Bagikan
Pimpinan Pusat GPMB Koordinator Regional I Prof Dr H Hanna, Asisten 1 Pemerintah Daerah Sultra Drs Suharno, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Nur Saleh, dan Ketua DPRD Provinsi Sultra Abdurrahman Shaleh bersama Pengurus GPMB Sultra Periode 2023-2027. Foto: Dirma/RS

KENDARI – Gerakan Pemasyarakat Minat Baca (GPMB) Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2023-2027 kini dinakhodai oleh Syaifuddin Gani setelah resmi dikukuhkan oleh Asisten 1 Pemerintah Daerah Provinsi Sultra Drs Suharno MTP di Perpustakaan Modern Sultra, Senin (31/7).

Dalam pengukuhan tersebut dihadiri oleh Pimpinan Pusat GPMB Koordinator Regional I Wilayah Regional I (Sulawesi, Papua dan Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara) Prof Dr H Hanna MPd, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Nur Saleh, dan Ketua DPRD Provinsi Sultra Abdurrahman Shaleh.

Pimpinan Pusat GPMB Koordinator Regional I Wilayah Regional I Prof Dr H Hanna mengatakan, Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca adalah suatu organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat independent dan bukan politik yang merupakan wadah untuk menggerakkan peningkatan minat baca masyarakat.

“Dengan dibentuknya GPMB diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca masyarakat, membangkitkan semangat dan kemauan untuk membaca dan menjadikan membaca sebagai budaya di masyarakat,” ujarnya.

Asisten 1 Pemerintah Daerah Provinsi Sultra Drs Suharno berharap kepada seluruh pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan program kerjanya dengan baik. Namun pihaknya menginginkan agar program kerja yang dibuat jangan terlalu luas tetapi harus terfokus sehingga apa yang dijalankan dapat terlaksana dengan baik.

“Saya harapkan program kerja yang dibuat disesuaikan dengan modal dan kemampuan yang kita miliki sehingga dapat berjalan dengan lancar karena GPMB selama 5 tahun kedepan akan memiliki kontribusi untuk mencerdaskan masyarakat Sultra. Bisa mengucapkan selamat kepada pengurus GPMB yang baru saja dilantik semoga kepengurusan yang baru ini dapat membawa perubahan yang besar untuk Sulawesi Tenggara,” harapnya.

Sementara itu, Ketua GPMB Sultra Syaifuddin Gani yang baru dikukuhkan mengatakan, ia mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan untuk memimpin roda organisasi mengarah ke yang lebih baik.

Sebagai pemimpin yang baru saja dilantik pihaknya akan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait untuk mendorong kegiatan minat baca, khususnya generasi muda.

“Misalnya mengadakan festival literasi yang melibatkan generasi muda ut menampilkan karya kreatifnya. Termaksud kolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi, komunitas, penulis, penerbit, dan kreator seni. Saya mengharapkan dukungan dari semua stakeholder agar visi misi dan tujuan dari jangan GPMB Sultra ini dapat terwujud,” ujarnya.

Untuk diketahui dalam pelantikan pengurus Gerakan Pemasyarakat Minat Baca Sulawesi Tenggara periode 2023-2027 dirangkaikan dengan menyematkan PIN kepada perwakilan pengurus dan lanjutkan Talkshow Literasi dengan tema Kolaborasi dan Bersinergi Untuk Penguatan Literasi Masyarakat Melalui Program Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. CR5/B/HDI

  • Bagikan