Terima Mahasiswa Baru, Unusra Siapkan Beasiswa

  • Bagikan

KENDARI – Menyambut Tahun Akademik 2023/2024, Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (Unusra) Kendari kembali membuka penerimaan mahasiswa baru (maba). Seperti tahun-tahun sebelumnya, penerimaan maba pada tahun ini Unusra juga menyiapkan sejumlah jenis beasiswa.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2023/2024 Unusra, Abdul Sarlan Menungsa mengatakan, saat ini pendaftaran maba sudah dibuka sejak 1 Februari dan akan ditutup 30 Juni 2023.

“Bagi lulusan SMA dan sederajat yang berminat melanjutkan pendidikan di Unusra, silakan mendaftar dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memilih program studi yang ada,” jelas Sarlan, Selasa (21/2/2023).

Rektor Unusra, Prof Dr Nasruddin Suyuti MSi menjelaskan, bagi calon maba yang kurang mampu akan diberikan fasilitas beasiswa untuk membantu dan menunjang kelanjutan pendidikannya di Unusra. Adapun jenis beasiswa yang tersedia adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dan beasiswa dari pemerintah daerah (pemda).

Sedangkan bagi maba jalur nonbeasiswa, biaya pendidikan (SPP) di Unusra relatif lebih murah. Selain itu SPP juga dapat diangsur dua kali setiap semester.

Saat ini kampus yang terletak di Jalan Satya Kencana, Kecamatan Baruga, Kota Kendari ini telah memiliki delapan program studi sebagai pilihan calon maba. Ke-8 program studi tersebut adalah Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Akuntasi, dan Penidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskes-Rek), Teknik Aristektur, Teknik Informatika, Teknik Sipil, dan Biologi. Semua program studi tersebut telah Terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Unusra juga tercatat sebagai perguruan tinggi swasta terbaik ketiga di Kendari pada Tahun 2022 versi lembaga survei pendidikan, EduRank.

Prof Nasruddin menambahkan, Unusra telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kampus Merdeka adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier. Kampus Merdeka merupakan program persiapan karier yang komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik dan generasi masa depan Indonesia.(RLS/RS)

  • Bagikan