166 Kades Akan Dilatih Ala Militer di SPN Anggotoa

  • Bagikan
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat melantik para Kades di lapangan apel Kantor Bupati Konawe belum lama ini.

UNAAHA – Sebanyak 166 Kepala Desa (Kades) yang terpilih saat pemilihan Kades pada 31 Oktober 2022 di Kabupaten Konawe bakal mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di Sekolah Polisi Negeri (SPN) Anggotoa pada 1 hingga 4 Februari 2023 mendatang.

“Jadi kiita akan laksanakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi 116 Kepala Desa terpilih. Kita akan laksanakan di SPN Anggotoa pada tanggal 1 sampai 4 Februari 2023 mendatang,” ungkap Kadis PMD Konawe Keni Yuga Permana, Senin (16/1/2023).

Keni menjelaskan, di SPN Anggotoa nantinya, para Kades terpilih ini bakal menerima materi terkait latihan dasar mental dan disiplin. Selanjutnya di dalam pembelajaran itu, PMD akan menghadirkan narasumber mulai dari Polri, Kejaksaan, inspektorat, dan Dinas.

“Bahkan kami akan meminta kesediaan BPKP terkait pembekalan tugas dari kepala desa saat melaksanakan tugas di enam tahun kedepannya,” bebernya.

Dirinya berharap, seluruh kades terpilih untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Karena, kata dia, ini tidak kalah pentingnya bisa mempermudah para Kades yang baru dilantik dalam melaksanakan tugas bisa disiplin waktu.

“Kita harapkan supaya tidak ada lagi kades yang berproses hukum terkait pengelolaan keuangan desa. Kalau ada Kades yang tidak ikut karena faktor sakit, itu masih kami maklumi. Tetapi ini merupakan kewajiban dan keharusan untuk semua kades terpilih mengikuti kegiatan tersebut,” pungkas Kemi Yuga Permana.

Sementara itu, salah satu Kades terpilih Rahman menyampaikan apresiasinya terhadap Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang memberikan kesempatan kepada kades terpilih untuk mengikuti pembekalan di SPN Anggotoa. “

“Tentunya ini akan meningkatkan kedisiplinan bagi kami para Kades yang akan memimpin desanya masing-masing,” katanya,”

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa selaku yang memberi kan izin untuk melaksanakan kegiatan ini. Begitupun Kadis PMD Konawe yang sangat antusias melaksanakan kegiatan ini,” pungkas Kades Andeposandu, Kecamatan Tongauna itu.(RS)

  • Bagikan