Siswa SMP Negeri 2 Kolaka Juara I Karate pada O2SN Wakili Sultra ke Tingkat Nasional   

  • Bagikan
Sarhan Faraj saat menerima piala.

KOLAKA, rakyatsultra.com – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Sekolah Menengah Pertama (O2SN SMP) tahun 2022 digelar  secara virtual sejak tanggal 24 s/d 30 Juli 2022.

Siswa SMP Negeri 2 Kolaka  berhasil menjadi juara I dalam cabang olahraga Kata Perseorangan Putra SMP tingkat provinsi Sulawesi Tenggara dan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara untuk bersaing di tingkat nasional.

Siswa tersebut bernama Sarhan Faraj siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kolaka.

Sarhan mulai mengikuti karate sejak duduk di bangku kelas VII SMP, dimana karate ini menjadi salah satu hobinya, sejak saat itu Sarhan mengikuti pembinaan Karate di Yusuf Karate Dojo (YKD) oleh Senpay Yusuf.

Sarhan baru pertama kali mendapat juara karate di tingkat provinsi, itu pun berkat kerja keras dan persiapan yang matang selama satu tahun.

“Persiapan saya yakni jam latihan baik di sekolah maupun di dojo selama satu tahun, harus melawan rasa lelah dan tidak boleh malas” ujar Sarhan, Senin (08/08/2022).

Berdasarkan Informasi dari pelatih karate Yusuf Karate Dojo, Senpay Yusuf, O2SN Tingkat SMP kali ini dilaksanakan secara virtual, Sarhan mengikuti lomba tersebut dengan membuat rekaman peragaan jurus di sekolah lalu mengirimkan hasil videonya secara virtual.

Menurutnya, Sarhan memang bersemangat dan menekuni olahraga karate, belum lagi dukungan penuh dari orang tuanya sehingga Sarhan tak hanya latihan di Dojo tapi juga ditambah latihan privat di rumahnya.

“Sepertinya orang tua memang ingin melihat anaknya berprestasi ditambah anaknya bersemangat sehingga progress latihannya sangat cepat, selain itu, Sarhan memang tekun berlatih tanpa mengenal lelah” tutur Senpay Yusuf.

Hasil kerja keras latihannya membuahkan hasil, pada saat pengumuman Sarhan Faraj dinyatakan sebagai Juara 1 Kata Perseorangan Putra SMP tingkat provinsi dan  selanjutnya untuk bertanding di tingkat nasional sebagai perwakilan dari Provinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 04 hingga 09 September 2022 mendatang.

“Saya sangat berharap dan melihat potensi sumber daya manusianya, Sarhan sangat bisa lebih berprestasi lagi dikemudian hari, target saya diusianya 16 tahun ke atas nanti Sarhan dapat mewakili Kabupaten Kolaka dalam ajang Porprov nanti,” harapnya.

Kepala SMPN 2 Kolaka, Ibrahim mengatakan sangat mengapresiasi dan memberikan selamat atas prestasi anak didiknya tersebut dan dan bisa berlatih lebih giat lagi untuk mempersiapkan pada level selanjutnya.

“Ini merupakan salah satu dari beberapa prestasi di bidang olahraga yang sudah kita raih, kedepan kita akan tingkatkan, karena saya melihat siswa kami benyak mempunyai potensi di bidang karate dan bidang lainnya” pungkasnya. (RS)

  • Bagikan