Hardhy Muslim Wakili Butur Ikuti APKASI Expo 2022

  • Bagikan
Muhammad Hardhy Muslim (tengah) saat mengikuti acara Pembukaan APKASI Otonomi Expo (AOE) 2022 bertempat di Jakarta Konvention Center (JCC), Rabu (20/7).

BURANGA, rakyatsultra.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Buton Utara (Butur) Muhammad Hardhy Muslim, ikut menghadiri acara Pembukaan APKASI Otonomi Expo (AOE) 2022 bertempat di Jakarta Konvention Center (JCC), Rabu (20/7). Hardhy Muslim mewakili Bupati Butur selaku Korwil Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

AOE yang mengusung tema “Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Global” tersebut telah dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Rabu (20/7). Giat itu diikuti oleh kabupaten seluruh Indonesia yang terhimpun dalam APAKASI dan berlangsung dengan menerapkan Protokol Covid-19.

Adapun rangkaikan kegiatan selama AOE 2022 berlangsung antara lain Talkshow Peningkatan Pemberdayaan UKM, Workshop Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan, Business Matching serta Pertunjukan Seni dan Budaya, berlangsung selama tiga hari, mulai 20 sampai 22 Juli 2022.

Sekda Butur sebagaimana diungkap dalam rilis Humas Pemkab Butur mengungkapkan, salah satu rangkaian kegiatan penting dalam AOE 2022 kali ini adalah Executive Dialogue dengan tema “Peluang, Peran dan Harapan Pemerintah Daerah terhadap KTT G-20”. 

Dalam acara tersebut para bupati se-Indonesia akan diajak untuk berdiskusi tentang peran serta apa yang akan didapat oleh pemerintah kabupaten selama KTT G-20 hadir di Indonesia.

“Selain itu juga akan ada acara talkshow peningkatan pemberdayaan UKM yang dapat diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah untuk membahas bagaimana meningkatkan untuk memberdayakan UKM,” ungkap Hardhy Muslim.

Menurutnya, penyelenggaraan Apkasi Otonomi Expo sangat bermanfaat bagi daerah, di antaranya dapat mendorong peningkatan ekonomi daerah, serta mengangkat komoditi unggulan dan beragam produk UMKM. Dengan AOE juga bisa menjadi wadah dalam membaca peluang untuk mempromosikan berbagai sektor unggulan yang dimiliki daerah, baik di bidang investasi, pariwisata, termasuk aneka produk produk unggulan daerah.

Untuk diketahui, dari 122 pemerintah kabupaten (Pemkab) yang ikut berpartisipasi pada AOE, tiga kabupaten berasal dari Sulawesi Tenggara. Ketiga Pemkab tersebut ikut dikunjungi oleh Sekda Butur. Adapun Pemkab asal Sultra yang berpartisipasi dalam pameran kali ini adalah Kabupaten Kolaka, Konawe Selatan dan Kolaka Utara. Setelah melihat dampak positif yang bisa diperoleh, maka Butur juga siap ikut berpartisipasi dalam AOE selanjutnya. (RS)

  • Bagikan