Dirum Laksanakan Supervisi, Buktikan dan Lihat Langsung Layanan di RSUD Kota Kendari.

  • Bagikan
Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal melaksanakan kegiatan SIBLING di RSUD Kota Kendari.

KENDARI – Guna memastikan layanan kepada seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berjalan baik dan sesuai ketentuan, Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal melaksanakan kegiatan SIBLING (Supervisi, Buktikan dan Lihat Langsung) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Jumat (25/8).

Afdal menyampaikan hal ini untuk melihat sejauh mana implementasi Transformasi Mutu Layanan yang tengah dicanangkan oleh BPJS Kesehatan bersama dengan seluruh pihak terkait, terutama fasilitas kesehatan. Hal ini sekaligus menjadi wujud kolaborasi serta komitmen yang kuat untuk menjaga kesinambungan Program JKN.

”BPJS Kesehatan saat ini fokus pada peningkatan mutu layanan Program JKN. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan kolaborasi serta komitmen dari fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Selain itu, Afdal juga berkesempatan menemui pasien yang sedang memanfaatkan layanan kesehatan di poli rawat jalan. Ia memastikan setiap peserta yang ditemuinya telah dilayani dengan kualitas optimal dan sesuai prosedur pelayanan kesehatan.

”SIBLING adalah salah satu cara terbaik untuk membuktikan janji layanan dari fasilitas kesehatan. BPJS Kesehatan rutin melakukan kegiatan ini di setiap rumah sakit secara bergiliran. Dampak positif semakin dirasakan oleh peserta JKN, terbukti dari tingkat kepuasan yang semakin meningkat,” terang Afdal.

Didampingi langsung oleh Direktur RSUD Kota Kendari, Afdal juga mengharapkan agar seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan terus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan mengingat harapan peserta saat ini terus meningkat.

”Pelayanan RSUD Kendari sudah sangat baik, komitmen ini harus terus kita jaga bersama untuk mempertahankan kualitas layanan serta meningkatkan layanan lainnya yang masih bisa dioptimalkan,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur RSUD Kota Kendari, dr Sukirman mengapresiasi kunjungan Direktur SDM dan Umum, hal tersebut diakuinya memberikan semangat serta masukan bagi manajemen RSUD Kota Kendari dalam memastikan kualitas layanan kepada peserta JKN.

”Kami menyampaikan apresiasi atas kunjungan Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan ke RSUD Kota Kendari hari ini, kami mendapatkan banyak masukan terkait peningkatan mutu layanan khususnya bagi peserta Program JKN. Hal ini tentu menjadi motivasi dan semangat bagi seluruh jajaran manajemen RSUD untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” ujar Sukirman.

Untuk mendukung implementasi transformasi mutu layanan di RSUD Kota Kendari, pihaknya juga telah memasang banner Janji Layanan JKN pada titik-titik keramaian di rumah sakit. Harapannya melalui hal tersebut, peserta menjadi lebih paham atas hak-haknya serta petugas pemberi layanan dapat memastikan kebutuhan layanan pasien terpenuhi.

”Dalam mendukung implementasi transformasi mutu layanan JKN, selain memasang banner informasi kami juga memastikan bahwa petugas kami telah benar-benar memahami prosedur pelayanan program JKN,” ujarnya.

Sukirman menambahkan bahwa pihaknya telah mengembangkan berbagai layanan yang diharapkan dapat memudahkan peserta JKN. Salah satunya, pihaknya mempersiapkan kemudahan akses bagi peserta yang akan mengambil obat dengan memanfaatkan fasilitas kurir online, sehingga peserta tidak perlu mengantre obat.

”Kami telah mempersiapkan berbagai inovasi untuk memudahkan pelayanan kepada peserta JKN. Harapannya akan semakin meningkatkan kepuasan peserta JKN terhadap pelayanan yang diberikan oleh RSUD Kendari,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta JKN yang ditemui Nurdiana (61), mengaku sangat puas dengan layanan yang diberikan RSUD Kendari dan BPJS Kesehatan. Saat itu, ia sedang mengakses poli syaraf dengan menggunakan kursi roda yang dibantu oleh anaknya.

”Sangat puas, layanan yang telah diberikan telah memenuhi kebutuhan kami sebagai peserta BPJS. Tidak ada batasan kunjungan walaupun rutin ke rumah sakit, tetap saja setiap kunjungan pasti selalu dijamin,” singkatnya.(RS)

  • Bagikan