INI Kendari Bekali Anggotanya dalam Membuat Kontrak Pertambangan

  • Bagikan
Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H., M.H, saat memberikan materi pada Seminar Pertambangan yang diselenggarakan Pengda Kota Kendari Ikatan Notaris Indonesia bersama Pengwil Sultra Ikatan Notaris Indonesia, Sabtu (25/2/2023) di Kota Kendari.

KENDARI — Pengurus Daerah Kota Kendari Ikatan Notaris Indonesia (INI) bersama Pengurus Wilayah Sulawesi Tenggara Ikatan Notaris Indonesia kembali menggelar seminar kenotariatan dan Upgrading.

Kali ini, Pengda Kota Kendari dan Pengwil Sultra INI mengadakan seminar terkait pertambangan. Seminar ini diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Kendari, Sabtu (25/2/2023).

Muhammad Ishak SH MKn MM, Sekretaris Pengurus Daerah Kota Kendari Ikatan Notaris Indonesia mengatakan, kegiatan ini merupakan seminar yang rutin dilaksanakan oleh pengurus daerah yang kali ini bekerjasama dengan Pengwil. Tema yang diangkat terkait dengan kontrak-kontrak pertambangan.

“Kami angkat karena urgensi praktis, mengingat Sulawesi Tenggara adalah daerah yang memiliki sumber daya alam pertambangan yang melimpah. Ditambah dengan giat para pelaku usaha pertambangan, yang tentunya memerlukan kontrak pertambangan untuk menjamin kepastian hukum dalam berusaha,” katanya.

Kontrak-kontrak pertambangan juga, Lanjut Ishak, sangat terkait dengan profesi notaris, yang tentunya menjadi tantangan bagi Notaris agar mempunyai kompetensi dalam membuat kontrak pertambangan yang berkeadilan dan Berkepastian hukum.

Notaris Kota Kendari ini mengatakan, dalam seminar ini, INI mendatangkan dua narasumber. Narasumber pertama yakni Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H., M.H., Guru Besar Hukum Pertambangan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Narasumber kedua yakni Dr. Sudirman, S.H.,M.Kn. Dosen Universitas Muhammadiyah Kendari yang juga sebagai Notaris di Kota Kendari.

Seminar Kenotariatan ini diikuti para Notaris, Anggota Luar Biasa Ikatan Notaris Indonesia, akademisi dan masyarakat umum. Seminar ini bertemakan “Membingkai Kontrak Pertambangan yang Berkeadilan dan Berkepastian Hukum”. Acara dibuka oleh Dr. Santi Bunga, S.H., M.Kn, Wakil Ketua Pengurus Wilayah Sulawesi Tenggara Ikatan Notaris Indonesia.(RS)

  • Bagikan