Gubernur Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor Bupati Buteng

  • Bagikan
Gubernur Ali Mazi didampingi Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup meletakkan batu pertama pembangunan kantor Bupati berlokasi di pusat kota Labungkari, Minggu (24/7). Foto: Rudi/RS.

LABUNGKARI, rakyatsultra.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi secara resmi meletakkan batu pertama pembangunan Kantor Bupati Buteng, Bertempat di pusat kota Labungkari, Kemarin (24/7). Peletakan batu pertama disaksikan Penjabat (Pj) Bupati Buteng, Muhammad Yusup beserta jajarannya serta Forkopimda berlangsung dengan lancar.

Dalam prosesi peletakan batu pertama, Pj Bupati Buteng Muhammad Yusup menerima tanah dan air yang bersumber dari tujuh kecamatan. Dimana air tersebut dibawa langsung oleh tokoh adat masing-masing kecamatan melalui ritual adat masing-masing.

Usai prosesi penyatuan tanah dan air selesai dilaksanakan. Selanjutnya Gubernur Ali Mazi meletakkan batu pertama. Diikuti, Pj Bupati Muhammad Yusup, Ketua DPRD Buteng Bobi Ertanto, Mantan Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR).

Kemudian dilanjutkan, Wakil Bupati Buton Iis Elianti. Wakil Bupati Pulau Taliabu, AKBP Ramli serta Dandim 1413 Buton Letkol Arm Muhammad Faozan dan Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo.

Peletakan batu pertama tersebut turut disaksikan, Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Reza Pahlevi dan Staf Ahli Kemendagri, La Ode Ahmad Pidana.

Dalam sambutannya, Gubernur Ali Mazi menyatakan pembangunan kantor Bupati bakal dipastikan termegah di Sultra. Hal itu dilihat dari lokasi perkantoran yang cukup tinggi yang berada di perbukitan Labungkari.

“Saya sempat melihat gambar pembangunan kantor Bupati dan desainnya sangat bagus, bahkan mengalahkan kantor Bupati yang ada di Sultra. Ditambah lagi lokasi perkantoran berada di perbukitan labungkari, tentu bakal kelihatan megah,” ujarnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Bumi anoa tersebut menambahkan penantian masyarakat Buteng dalam kurun waktu delapan tahun silam semenjak pemekaran dan berdirinya Daerah Otonom Baru (DOB) dari Kabupaten Buton akhirnya terwujud. Pasalnya, kantor yang akan menjadi icon Buteng bakal di bangun tahun 2023 mendatang.

“Bukan hanya sebagai ikon Buteng tetapi Kantor Bupati akan menjadi jantung kota sekaligus simbol kebanggaan masyarakat Buteng kedepannya. Kami juga rencana akan menyediakan anggaran untuk pembangunan kantor Bupati,” ulasnya.

Kemudian, Ali Mazi juga mengucapkan banyak apresiasi atas kinerja Pj Bupati Buteng yang telah mencanangkan program sesuai keinginan masyarakat. Hal itu diyakini, dengan antusias masyarakat dari 7 Kecamatan yang telah berkontribusi langsung dalam pembangunan kantor Bupati.

“Baru saja kita selesaikan meletakan batu pertama. Di mulai dari penyatuan tanah dan air dari masing-masing Kecamatan. Dan saya yakini, pembangunan kantor Bupati berjalan dengan lancar, sebab proses pembangunannya telah di doakan oleh para tokoh ada dari 7 Kecamatan,” sebutnya.

Sementara itu, Pj Bupati Buteng Muhammad Yusup menerangkan penyatuan tanah dan air dari 7 Kecamatan dilakukan tidak lain untuk meminta ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa agar pembangunan Kantor Bupati berjalan dengan lancar. Ditambah lagi, dalam proses pengambilan tanah dan air tersebut dilakukan melalui ritual adat masing-masing.

“Untuk diketahui, penyatuan tanah dan air dari 7 kecamatan sengaja kita lakukan. Agar langkah kita dalam membangun kantor Bupati bisa berjalan dengan lancar,” terang nya.

Sementara untuk desain pembangunan kantor Bupati sendiri, Bupati Yusup sampaikan arsitektur nya bergaya modern dengan tidak melupakan kearifan lokal budaya. Karna bagaimanapun daerah ini utuh ada budaya yang dipertahankan.

“Saya juga menyampaikan terimakasih kepada pak Gubernur yang telah menyempatkan waktunya hadir disini. Semoga dengan hadirnya beliau, menambah motifasi kita untuk terus membangun demi kemajuan Buteng,” harapnya.

Di momen Hut Buteng yang ke-8 tahun. Mantan Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka turut hadir dan melaksanakan prosesi peletakan batu pembangunan kantor Bupati. Ia berharap Kabupaten Buteng akan lebih maju setara dengan daerah-daerah yang ada di bumi anoa.

“Semoga dengan umur yang ke-8 tahun,    Pemkab Buteng bisa lebih maju lagi dibading tahun sebelumnya. Serta menjadi daerah terbaik di provinsi Sultra,” ungkapnya.

Bahkan, Pria yang kerap disapa ASR itu menyakini. Dibawah kepemimpinan Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup mampu menjawab yang menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi dilihat dari kinerja 2 bulan ini, kinerja Pj Bupati sudah memberikan bayangan nyata untuk pembangunan Buteng kedepannya.

“Salah satunya pembangunan kantor Bupati Buteng. Kemudian, disisi lain juga, apa yang menjadi sektor unggulan di Buteng turut menjadi perhatian nya. Olehnya itu, mari kita membantu kinerja Pj Bupati. Agar daerah Buteng bisa lebih maju,” tutupnya. (RS)

  • Bagikan