7 Efek Samping Asam Jawa, Bikin Penyakit Ini Makin Parah

  • Bagikan

JAKARTA – ASAM jawa merupakan salah satu bumbu masakan yang tersedia di dapur ibu rumah tangga.

Asam jawa biasanya digunakan untuk menambah kesegaran beberapa hidangan gurih. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi asam jawa dalam bentuk jus.

Asam jawa telah terkenal akan beberapa khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, berlebihan mengonsumsi asam jawa ternyata juga tidak baik untuk Anda. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Stylecraze.com.

1. Menyebabkan Reaksi Alergi

Alergi atau hipersensitivitas adalah salah satu efek samping asam jawa yang paling umum.

Banyak orang yang peka terhadap kandungan buah ini dan akhirnya mengalami sejumlah gejala seperti ruam, gatal, radang, perih, pusing, pingsan, muntah, sesak napas dengan mengkonsumsinya.

2. Merusak Enamel Gigi

Asam jawa sangat asam secara alami. Oleh karena itu, kemungkinan besar hal itu akan merusak gigi indah Anda dengan konsumsi yang berlebihan.

Jika Anda makan asam jawa dalam jumlah berlebihan, enamel gigi Anda kemungkinan besar akan terkorosi oleh komponen asamnya.

Ingat, terlalu banyak asam sangat buruk bagi kesehatan serta penampilan gigi Anda.

3. Menginduksi Refluks Asam

Seperti yang dikatakan sebelumnya, asam jawa merupakan unsur makanan yang bersifat asam. Saat kita memakannya, kadar asam naik di saluran cerna kita, terutama perut kita.

Jadi, jika Anda sudah menderita masalah pencernaan seperti penyakit gastroesophageal reflux (GERD) atau ‘acid reflux’, Anda harus menghindarinya. Jika tidak, Anda akan mengalami keasaman akut.

4. Meningkatkan Vasokonstriksi

Jika Anda mengonsumsi segala jenis vasokonstriktor (tidak peduli apakah itu herbal, suplemen, atau obat sintetis), Anda harus benar-benar menghindari asam jawa.

Buah ini diketahui menambah efek vasokonstriksi dengan mempercepat proses penyempitan pembuluh darah.

Ini pada akhirnya menghasilkan aliran darah yang lambat atau kadang-kadang bahkan penyumbatan total pembuluh darah.

5. Berinteraksi dengan Antibiotik Tertentu

Jika Anda menggunakan antibiotik mata apa pun pada mata Anda secara topikal, hindari asupan asam jawa.

Beberapa peneliti telah menunjukkan bahwa buah ini berinteraksi dengan jenis obat tersebut dan bisa menyebabkan kulit yang tidak diinginkan serta bahaya kesehatan.

6. Menghasilkan Efek Pencahar

Bubur atau ekstrak asam jawa terkenal dengan kualitas pencaharnya. Namun, jika Anda sudah menggunakan produk pencahar lainnya, pastikan kamu melewatkan makan buah ini.

7. Memperparah Batuk

Jenis batuk yang satu ini adalah kondisi medis yang dihasilkan dari bubuk biji asam jawa. Namun, jika Anda akan menggunakannya di piring Anda sebagai aditif, berhati-hatilah karena bubuknya bisa memengaruhi paru-paru kamu dan menyebabkan masalah pernapasan kronis.(jpnn/RS)

  • Bagikan