Marcus Ode Minta BPJS Kesehatan Keliling Rutin Sambangi Kantor Kelurahan Mangga Dua

  • Bagikan
Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Mangga Dua, Marcus Ode.

KENDARI – Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Mangga Dua, Marcus Ode berharap agar kegiatan BPJS Keliling tersebut dapat rutin dilaksanakan khususnya di kelurahan Mangga Dua. Ia melihat sendiri antusiasme yang sangat besar dari masyarakat untuk melakukan pengurusan.

BPJS Kesehatan keliling merupakan rebranding dari Pelayanan Mobile Customer Service (MCS) yang didesain khusus untuk mendekatkan layanan Program JKN kepada masyarakat. Kali ini targetnya memang masyarakat di Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Kendari, Kota Kendari.

Bertempat di kantor kelurahan, Kamis (22/6), kegiatan ini mendapatkan atensi yang cukup besar dari masyarakat. Terbukti dengan ramainya kunjungan pada pelayanan administrasi tersebut.

“Inilah yang kami harapkan, memudahkan para warga kami untuk melakukan perubahan data atau sekadar pengecekan kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan mendapatkan informasi seputar hak dan kewajiban peserta JKN. Terbukti dua hari pelayanan di sini, sangat ramai dikunjungi masyarakat. Mereka juga sangat senang dengan adanya BPJS Keliling ini,” jelas Marcus.

Menurutnya, salah satu tantangan di kelurahan Mangga Dua yakni masih minimnya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang penggunaan teknologi. Sehingga ia sangat mengapresiasi petugas BPJS Keliling yang juga menyampaikan kemudahan digitalisasi layanan pada Program JKN.

“Masyarakat disini masih lebih nyaman jika melakukan pengurusan melalui tatap muka. Namun, tadi saya lihat petugas BPJS Kesehatan juga telah memberikan penjelasan terkait Aplikasi Mobile JKN kepada masyarakat yang datang, sehingga harapannya penjelasan tersebut bisa dipahami dan aplikasinya betul-betul dimanfaatkan,” lanjut Marcus.

BPJS Keliling sendiri memang bertujuan untuk memberikan pelayanan secara tatap muka kepada masyarakat yang belum sempat untuk datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Selain itu, juga untuk memberikan sosialisasi terkait program JKN, termasuk dengan mengenalkan program digitalisasi layanan kepada masyarakat salah satunya melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa) dan aplikasi Mobile JKN.

Kepala Bagian SDM, Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Ridwansyah menyampaikan bahwa program BPJS Keliling tersebut merupakan program rutin yang lokasinya telah ditetapkan, misalnya untuk minggu ini pelayanan dilaksanakan di kantor Kelurahan Mangga Dua. Ia juga menyampaikan bahwa bahwa pelayanan administrasi melalui BPJS Keliling menjadi salah satu kanal layanan yang cukup tinggi tingkat pemanfaatannya oleh masyarakat.

“BPJS Keliling ini menjadi salah satu program rutin dari BPJS Kesehatan Cabang Kendari untuk mendekatkan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Untuk waktu dan tempatnya sudah dibuat jadwalnya, seperti minggu ini hari senin dan selasa di kantor Kelurahan Kessilampe, kemudian hari rabu dan  kamis di kantor Kelurahan Mangga Dua,” ungkap Ridwansyah.

Sementara itu, salah satu masyarakat yang merasakan manfaat program BPJS Keliling yakni Harufia (58). Dirinya merasa sangat terbantu karena kehadiran mobil BPJS Keliling di Kelurahan Mangga Dua tersebut. Menurutnya kegiatan ini sangat membatu orang yang tidak sempat datang ke kantor untuk mendapatkan informasi baik hanya melakukan cek kartu saja atau memperbaharui susunan anggota keluarga. Apalagi ia merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan rumah serasa tidak ada habisnya.

“Tapi karena ada petugas BPJS Kesehatan yang melayani di kantor kelurahan yang kebetulan dekat dari rumah, akhirnya saya juga bisa melakukan pengurusan BPJS Kesehatan,” ungkap Harufia.

Sementara itu Petugas BPJS Kesehatan Keliling, Herlina terlihat sibu membagikan flayer dan mengarahkan beberapa warga yang telah hadir di kegiatan ini tentang tata cara penggunaan Aplikasi Mobile JKN. Digitalisasi memang merupakan langkah penting untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan Program JKN.(RS)

  • Bagikan