Road Sweeper Siap Bersihkan Jalan Protokol

  • Bagikan
Mobil penyapu jalan (Road Sweeper) saat dilakukan uji coba penggunaanya di pelataran eks MTQ Kendari, Jumat (2/9).

KENDARI – Kini Kota Kendari memiliki mobil penyapu jalan atau Road Sweeper yang baru saja diresmikan penggunaanya oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir pada Jumat (2/9) di pelataran eks MTQ Kota Kendari.
Kehadiran mobil penyapu jalan ini akan memaksimalkan kebersihan jalan protokol yang ada di Kota Kendari.


Selain satu unit mobil penyapu jalan yang diserahkan, juga ada satu unit mobil Skylift dan tambahan dua unit mobil konvektor untuk mendukung operasional di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari.


“Sebenarnya ini kita sudah rencanakan beberapa tahun yang lalu, hanya karena situasi Covid-19, maka baru dapat kita realisasikan tahun ini,” ucap Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir.
Lanjut Sulkarnain, mobil penyapu jalan ini merupakan yang pertama di Sulawesi Tenggara (Sultra) dan yang kedua di sulawesi setelah Makassar.


“ini juga mendukung kerja penyapu jalan yang sudah ada, kalau penyapu jalan jam kerjanya terbatas, sedangkan adanya mobil penyapu jalan ini bisa 24 jam,” katanya.
Menurutnya, ini masih belum memenuhi kebutuhan dan berharap kedepan bisa ditambah atau ditingkatkan sehingga bisa mencover seluruh wilayah Kota Kendari.
“Mudah-mudahan hadirnya beberapa unit kendaraan kebersihan ini dapat mewujudkan kota kendari yang lebih tertata dan lebih rapi lagi,” harapnya.


Sementara itu Kepala DLHK Kota Kendari Nismawati mengatakan, mobil penyapu sifatnya otomatis yang dilengkapi dengan sapu dan juga memiliki alat pengisap yang mampu membersihkan sampah yang ada dipinggir jalan juga sampah di trotoar yang tidak terjangkau dengan sapu.
“Alat pengisapnya ada dua, yang otomatis dan yang dioperasikan secara manual yang dapat mengisap seperti batu kerikil, botol plastik dan sampah-sampah lainya,”jealsnya.
Lanjut Nismawati, anggaran yang dikeluarkan untuk membeli satu unit mobil penyapu jalan yakni sebesar Rp 2,6 miliar.


“Rata-rata di kota besar menggunakan mobil penyapu jalan , terutama dijalan-jalan protokol terlihat bersih dan tidak ada pasir,”katanya. (p2/b/efn)

  • Bagikan