BPS Konut Butuh 212 Petugas Pendataan Regsosek

  • Bagikan
Maswiah.

WANGGUDU – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Konawe Utara (Konut) dalam waktu dekat ini bakal menggelar pendataan awal Registrasi sosial Ekonomi (Regsosek) yang akan berlangsung Oktober hingga November mendatang.

Kepala BPS Konut Maswiah menjelaskan kegiatan ini diawali dengan rapat persiapan. Saat ini kata dia, masih dalam tahap perekrutan petugas.

Pelaksanaan pendataan registrasi sosial ekonomi tersebut, sambung dia, sebagai sistem dan basis data seluruh penduduk yang meliputi, data profil individu atau keluarga dengan nama dan alamat, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat Desa/Kelurahan.

“Jadi sebelum kami melakukan pelatihan di September nantinya sampai dengan Oktober, itu rekrutmen petugas dulu, kita melakukan persiapan-persiapan dulu,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (31/8).

Kemudian, lanjut dia, persiapan instrumen-instrumen lainnya, masih banyak yang perlu disiapkan pada saat pelatihan, dan pada saat dilapangan nanti.

“Jadi kegiatan Regsosek ini untuk pendataan lapangannya itu sekitar tanggal 15 Oktober sampai dengan 14 November, nah untuk di Konut kami membutuhkan sekitar 212 petugas,” tukasnya.

Yang terdiri dari kurang lebih 155 untuk petugas lapangan, kemudian 44 untuk pengawas lapangan, dan 13 petugas untuk kordinator sensus kecamatan.

“Kalau secara keseluruhan itu untuk di Sultra sekitar 4.844 petugas yang dibutuhkan untuk kegiatan lapangan registrasi sosial ekonomi ini,” terangnya.

Ditanya soal waktu pelaksanaan pendataan, dirinya mengungkapkan akan berlangsung selama 1 bulan penuh. “Jadi petugas itu, kita kontrak selama 1 bulan untuk melaksanakan kegiatan tersebut,”bebernya.(RS)

  • Bagikan