Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, Tiga Pos Jaga Disiapkan di Konawe

  • Bagikan

UNAAHA – Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Ferdinand Sapan memimpin langsung apel gelar pasukan persiapan Operasi Ketupat 2022 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Jumat (22/4/2022).

Apel gelar pasukan ditandai dengan penyematan pita operasi kepada masing-masing perwakilan insitusi/instansi oleh Sekda Konawe dan Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso SIK.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan apel Mapolres Konawe itu diikuti oleh personel TNI, Personel Polres, Satpol PP, BPBD dan Dinas Perhubungan, dan tim Kesehatan Kabupaten Konawe. Pelaksanaan operasi Ketupat 2022 dimulai tanggal 28 April sampai dengan 9 Mei 2022 dengan fokus pengamanan seluruh Masjid, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan lainnya.

Mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Sekretaris daerah Konawe Ferdinand Sapan mengatakan, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 hijriah tidak ada pembatasan kegiatan masyarakat, tetapi masyarakat tetap perlu mematuhi protokol kesehatan.

Ia menjelaskan, pemerintah kabupaten memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, tanpa adanya penyekatan di jalur mudik. Tentu, masih kata Ferdi, kebijakan ini tetap didukung dengan langkah-langkah sinergis semua stakeholder dalam mencegah transmisi Covid-19, dengan cara menggelar kegiatan vaksinasi sampai target nasional tercapai.

“Pada saat dan pasca Idul Fitri 1443 harus diantisipasi, kita harus bergandengan tangan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar umat muslim dapat menjalankan ibadah ramadan dengan khusuk dan puncaknya pada perayaan Idul Fitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso mengatakan, pihaknya menyiapkan 3 pos operasi Ketupat 2022 yang dilengkapi dengan rest area bagi pemudik. Yang pertama pos pertigaan Sampara, Bundaran Adipura/Unaaha dan perbatasan Onembute/Lambuya.

“Kami juga akan menempatkan pengamanan di setiap tempat wisata demi menjamin Keamanan dan keselamatan masyarakat. Untuk tempat wisata dan keramaian tetap kita siapkan anggota untuk pengamanan,” pungkas Mantan Kapolres Buton Utara ini. (cr2/hdi)

  • Bagikan