Peserta Sebut Antrean Fasilitas Kesehatan Anti Ribet dengan Mobile JKN

  • Bagikan
Komang Cindy menunjukkan gawai pintarnya yang sudah terinstal Aplikasi Mobile JKN.

KENDARI – Setiap orang yang mengakses layanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan (faskes) mengharapkan antrean yang cepat dan nyaman, sehingga tidak menghabiskan waktu dan tetap membuat pasien nyaman.

Untuk mewujudkan pengalaman baru bagi Pasien Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam mengantre di faskes tanpa ribet serta cepat, BPJS Kesehatan telah mengembangkan pengambilan antrean secara online melalui aplikasi Mobile JKN.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh salah satu peserta JKN yakni Komang Cindy (19) pada saat mengakses layanan Kesehatan. Komang Cindy berbagi pengalaman dalam menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk mengambil nomor antrean dalam layanan kesehatan. Dengan fitur ini, ia tidak lagi perlu mengantre dan menunggu lama di lokasi fasilitas kesehatan (faskes) yang ia tuju. Fitur Pendaftaran Layanan memungkinkan peserta JKN untuk mengambil nomor antrean melalui aplikasi dan dapat datang ke lokasi faskes ketika nomor antrean sudah dekat.

Aplikasi Mobile JKN juga memberikan manfaat besar dalam menghemat waktu selama proses pengambilan nomor antrean dan selama pelayanan kesehatan. Ia hanya perlu memasukkan data yang diperlukan ke dalam aplikasi dan keluarlah nomor antreannya. Baginya, tidak ada lagi kerumitan harus datang ke lokasi untuk mengambil nomor antrean secara fisik.

“Selain itu, melalui aplikasi ini, saya dapat melihat dengan jelas nomor antrean mana yang sedang dilayani. Sehingga, ketika nomor saya sudah dekat, saya bisa bersiap-siap menuju lokasi faskes tanpa khawatir kehabisan waktu,” ungkap Cindy, Rabu (26/7)

Berbicara tentang pengalaman dijam sibuk, Cindy mengingat kunjungannya ke poli umum RS Bahteramas yang penuh dengan keramaian. Saat itu, faskes tersebut sangat ramai, antrean menumpuk bahkan ia harus menunggu selama kurang lebih 3 jam. Tentu saja, situasi ini sangat tidak nyaman dan memakan waktu yang sangat lama. Bahkan salah satu momok yang paling menakutkan pada saat ingin berobat yaitu antreannya.

“Jadi, baru berencana ke rumah sakit itu yang terpikirkan antrean yang menumpuk, waktu yang dibutuhkan berjam-jam atau harus datang mengantre dari subuh agar dapat nomor antrean di awal,” ungkap Cindy.

Namun, pengalaman berbeda dirasakan saat Cindy menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk pengambilan nomor antrean pada kunjungan selanjutnya. Ia mengambil nomor antrean melalui Aplikasi Mobile JKN dan memantau nomor antrean dari rumah. Saat mendekati nomor antreannya, Cindy langsung bersiap-siap menuju RS Bahteramas

“Jadi total waktu yang ia habiskan di faskes cuma sekitar 1 jam saja,” cerita Cindy dengan senyum lega.

Dari situ, Cindy merasa Aplikasi Mobile JKN memberikan efisiensi waktu yang luar biasa dalam mengurangi waktu tunggu yang sebelumnya sangat panjang dan tidak nyaman.

Selain kemudahan dalam pengambilan nomor antrean, Cindy mengaku juga menyukai fitur info lokasi faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Cindy menyatakan bahwa fitur ini membantu dirinya untuk mengetahui lokasi faskes terdekat dari tempat tinggalnya. Sebelumnya, ia seringkali kesulitan mencari informasi tentang faskes yang melayani BPJS Kesehatan di sekitar wilayahnya.

“Tetapi sekarang, dengan Aplikasi Mobile JKN, saya bisa dengan cepat menemukan faskes terdekat yang dapat saya kunjungi, Informasi ini sangat berguna, terutama saat saya membutuhkan pelayanan kesehatan mendesak,” tambahnya.

Cindy merasa puas dan terima kasihnya kepada aplikasi Mobile JKN yang telah memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mendapatkan layanan kesehatan. Dengan aplikasi ini, Cindy merasa lebih dipermudah dalam mengatur jadwal kunjungan dan dapat lebih bijaksana dalam memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk kepentingan lainnya.(RS)

  • Bagikan