Ditetapkan Jadi Kawasan Industri, Pabrik Smelter Segera Hadir di Motui

  • Bagikan
Ruksamin

WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara sangat mendukung dan memberikan apresiasi dengan ditetapkannya kawasan industri di Kecamatan Motui. Pembangunan Kawasan Industri ini dilakukan PT Nusantara Industri Sejati (NIS) yang belum lama ini telah melakukan peletakkan batu pertama oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin.

Proyek Strategis Nasional (PSN) adalah proyek-proyek infrastruktur Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dianggap strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah. PSN diatur melalui Peraturan Presiden, sementara pelaksanaan proyeknya dilakukan secara langsung oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan/atau badan usaha serta Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU),

Bupati Konut H Ruksamin saat di wawancara, usai memimpin upacara HUT Konut ke-16 mengatakan terkait penetapan kawasan PSN di Kecamatan Motui, dirinya sangat bersyukur dan memberikan support dan apresiasi.

“itu yang patut kami syukuri dengan di tetapkannya PSN berarti akan mendapatkan perhatian penuh baik dari pusat maupun dari APBN bahkan beberapa sentra-sentra itu pasti akan diprioritaskan dan akan mendapatkan prioritas untuk percepatan pembangunan dari kawasan yang sudah ditetapkan,” jelas Ruksamin.

Dirinya berharap, PSN tersebut mendapat percepatan pelaksanaan pembangunan termaksud infrastruktur dan semoga bisa melahirkan serapan tenaga kerja.

“Alhamdulillah selama ini mendapat dukungan, namun saya harapkan ada beberapa masukkan yang belum selesai kiranya dituntaskan percepatan pembebasan lahannya dan bisa menjadi prioritas pembangunan awal, ungkapnya.

“Tentunya kehadiran PSN kami selaku Pemda Konut sangat memberikan respon, karena ini juga yang usulkan adanya kawasan itu adalah saya selaku bupati dan mengharapkan supaya menjadi prospek bagi kemajuan daerah kita,” tambahnya.

Sementara itu Ketua DPRD Konut, Ikbar menyebutkan, sebelumnya sudah di sampaikan oleh Bappenas bahwa wilayah Kecamatan Motui sebagai kawasan industri atau PSN.

“Ini adalah pintu masuk khususnya dari masyarakat. Kita sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat. Kita sangat memberikan apresiasi dengan di tetapkannya PSN,” ucapnya.

Apalagi Kabupaten Konut ini, sambung dia, sangat luas dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Keinginan mereka itu adalah pembangunan kawasan industri.

“DPRD sangat mendukung hadirnya kawasan industri ini mengingat SDA kita yang begitu banyak tidak akan sebanding apalagi di daerah kita ini di apit dengan dua pabrik besar, sementara penerimaan karyawan itu dalam satu daerah punya aturan main sendiri, ” katanya.

Katanya, selaku wakil rakyat, dirinya akan mengawal pembangunan ini sampai tuntas. Mulai dari pembebasan lahan, sampai dengan sosialisasi.(RS)

  • Bagikan