Gelar Operasi Zebra, Kapolres Konawe Berharap Masyarakat Disiplin Berlalu Lintas

  • Bagikan
Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi SIK saat memimpin apel gelar pasukan operasi zebra 2022, Senin (3/10).

UNAAHA – Kepolisian Resort (Polres) Konawe menggelar apel gelar pasukan operasi Zebra Anoa 2022. Kegiatan tersebut berlangsung, di halaman Mapolres Konawe, Senin (3/10). Apel dihadiri unsur TNI/Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) Konawe, Satpol PP dan Senkom.

Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, saat membacakan amanat Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Irjen Pol Teguh Pristiwanto mengatakan, operasi ini dalam rangka menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan. Operasi zebra kali ini, Ia berharap masyarakat disiplin dalam berlalulintas di wilayah hukum Polda Sultra dan Polres jajaran.

“Operasi Zebra tahun 2022 ini dilaksanakan melalui pendekatan persuasif dan edukatif kepada masyarakat pengguna jalan melalui kegiatan Dikmas Lantas, penerangan masyarakat, serta pelayanan informasi lalulintas,” ungkapnya.

Operasi Zebra Tahun 2022 guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Sehingga terciptanya Kamseltibcar Lantas yang mantap menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023. Operasi Zebra ini berlangsung selama 14 hari, terhitung sejak 3 hingga 16 September 2022,” tuturnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Konawe AKP Ridwan Koto mengatakan, dalam pelaksanaan Operasi Zebra Anoa ini, Polres Konawe mengerahkan sebanyak 30 personel.

Adapun tujuh prioritas penegakan hukum kepada pelanggar lalu lintas pada operasi zebra Anoa 2022 seperti pengemudi atau pengendara motor yang menggunakan saat berkendara, pengemudi atau pengendara Ranmor yang masih di bawah umur, pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berbonceng lebih dari satu orang, pengemudi atau pengendara motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi atau pengendara yang tidak menggunakan safety Belt, ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, ranmor yang melawan arus lalu lintas dan ranmor yang melebihi batas kecepatan.(RS)

  • Bagikan