Irjen Kementan Serahkan Bantuan Bibit Pala dan Jagung

  • Bagikan
Irjen Kementan Jan Samuel Maringka didampingi Bupati dan Forkopimda meninjau lokasi lahan pertanian di Desa Kuaraa, Buton.

PASARWAJO– Inspektur Jenderal (Irjen)  Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Dr. Jan Samuel Maringka menyerahkan bantuan bibit berupa bibit pala dan jagung seluas 150 hektar kepada kelompok tani di Kabupaten Buton.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Irjen Kementan kepada Bupati Buton, La Bakry saat melakukan lawatan dan kunjungan kerja ke Kabupaten Buton, Sabtu (17/7).

Jan Samuel Maringka tak hanya memberikan bantuan, bersama rombongan dan didampingi Bupati Buton dan Forkopimda mengunjungi lokasi pertanian di Desa Kuraa, Kecamatan Siotapina.

Dalam kunjungan tersebut dilakukan penyaluran bantuan bibit jagung untuk lahan 40 hektar dan dilanjutkan dengan dialog bersama dengan kelompok tani dan masyarakat.

Irjen Kementan menyampaikan bahwa kunjungan langsung ke lapangan agar bantuan yang diberikan bisa tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.

“Pada prinsipnya kita akan memberikan bantuan secara tepat. Semoga bantuan bibit ini bisa bermanfaat buat masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan jajarannya. Saya melihat potensi buton ini sangat bagus,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Buton mengatakan Buton mendapat rezeki yang tidak disangka-sangka karena mendapatkan bantuan bibit tanaman dari Kementerian Pertanian.

“Pada kesempatan ini mewakili masyarakat Buton khususnya para kelompok tani di Desa Kuraa menyampaikan terima kasih atas bantuan yang disalurkann kepada kelompok tani yang dapat meningkat kesejahteraanya, bisa produktif dan juga bisa mendukung sektor-sektor lain terutama untuk sektor peternakan dalam rangka meningkatkan pasokan pakan ternak,” kata Bupati Buton.

Orang nomor satu di Buton ini berharap bantuan tersebut bisa terus berkelanjutan dan kedepannya ada lagi bantuan Kelapa Genja karena kelapa ini selain komoditas ekspor juga untuk dalam rangka ketahanan pangan jangka Panjang.

“Oleh karena itu dua tiga tahun lalu sampai tahun ini pemerintah daerah memprogramkan itu dengan dukungan pemerintah provinsi sehingga ke depan para petani itu memiliki masa depan yang konsisten dan juga diselingi dengan tanaman jangka pendek seperti jagung dan juga horti seperti yang disampaikan kelompok tani,” pungkas Bupati Buton.

Irjen Kementan RI menyalurkan bantuan di Kabupaten Buton berupa Benih tanaman jagung seluas 50 hektar dan Bibit Pala seluas 100 hektar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal mengatakan  bantuan 12.000 anakan bibit pala tersebut akan disebar di Desa Winning, Kecamatan Pasarwajo dan Desa Wasamba, Kecamatan Lasalimu.

Sementara untuk bibit jagung lanjut Ma’mul Djamal, akan ditanam di Desa Kuraa sebagai desa percontohan. “Desa Kuraa, jadi percontohan, setelah itu akan berkembang di desa-desa lain,” ujarnya. (RS)

  • Bagikan