Rencana Vaksinasi dari Rumah ke Rumah Warga Jadi Alternatif Dinkes Muna Maksimalkan Capaian

  • Bagikan

La Ode Rimbasua.

RAHA-Pemerintah Kabupaten Muna bersama TNI dan Polri terus menggenjot capaian 70 persen target vaksinaai Covid-19 untuk bisa membentuk kekebalan kelompok atau Herd Immunity. Pemkab Muna melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berencana akan menggelar vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna, La Ode Rimbasua ketika diwawancarai jurnalis Rakyat Sultra, Selasa (22/3/2022).

“Untuk membentuk kekebalan kelompk maka capaian vaksinasi dosis pertama dan vaksinasi dosis dua ini harus seimbang. Untuk mengejar itu kita berencana untuk melakukan vaksinasi door to door seperti yang kita lakukan pada akhir tahun 2021, “ucapnya.

Hingga memasuki bulan Maret 2022 ini capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis dua baru mencapai 41 persen, sementara untuk capaian vaksinaai dosis pertama sudah melampaui target 70 persen. Capaian vaksinasi Covid-19 tersebut kata Rimbasua juga tak lepas dari peran TNI dan Polri yang membantu menyukseskan vaksinasi Covid-19 di masyarakat.

“Kerja-kerja TNI dan Polri dalam kegiatan vaksinaai Covid-19 ini sudah luar biasa, kami sangat mengapresiasinya, ” ucap Rimbasua.

Dinkes Muna kata dia, secara ketenagaan selalu siap kapanpun dan dimanapun dibutuhkan untuk kegiatan vaksinasi Covid-19, di mana seluruh Puskesmas disiagakan untuk melayani vaksinasi dan membuka layanan vaksinasi di beberapa titik, seperti pelabuhan, sekolah bahkan di desa-desa.

“Untuk tenaga kesehatan, kami dari Dinas kesehatan dan jajaranya siap, tidak ada persoalan, kapanpun dan dimanapun dibutuhkan kami siap, malam haripun kami dibutuhkan, kami siap, ” tegasnya.

Rimbasua mengimbau seluruh masyarakat agar memiliki kesadaran untuk mengikuti vaksinasi tanpa adanya paksaan, agar wabah pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Kesadaran masyarakat sangat penting, vaksinasi Covid-19 ini adalah kebutuhan, bukan sebuah paksaan, “imbaunya. (sra/aji)

  • Bagikan