Pemkab Buteng Gelar Musrembang Bahas RKPD 2023

  • Bagikan

Jajaran Pemkab Buteng Gelar Musrembang RKPD tahun 2023. Bertempat di gedung Az-Zahra Lakudo, Selasa (22/3/2022).

LABUNGKARI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023 di gedung Az-Zahra, Lakudo, Selasa (22/3/2022).

Kegiatan yang difasilitasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Buteng itu, dibuka langsung Bupati Buteng yang diwakili asisten II Setda Buteng, Arsidik Patola.

Serta Dihadiri tim dari Bappeda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, Wakil Ketua DPRD, Suharman dan segenap pimpinan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah dan para Kades se-Kabupaten Buteng.

Dalam sambutannya, Arsidik Patola menyatakan Musrenbang RKPD merupakan momen strategis dalam upaya menyusun prioritas pembangunan Tahun Anggaran 2023.

Selanjutnya akan menjadi bahan penyempurnaan rancangan RKPD. Dimana, proses penganggaran tetap berorientasi pada kepentingan rakyat dan prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan daerah.

“Selain kita menjalankan misi kita dalam memajukan Buteng. Program tahun 2023 mendatang tak lepas dari isu strategis. Antara lain, pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang, pemulihan ekonomi, dan peningkatan IPM, menurunkan stanting dan angka kemiskinan serta pengembangan kapasitas ASN,” ujar Arsidik Patola dalam membawakan sambutan Bupati Buteng, H Samahuddin.

Menurutnya, tema yang diangkat Bappeda dalam Musrenbang RKPD kali ini sudah tepat dan sesuai visi misinya. Yakni, akselerasi ekonomi melalui pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan UMKM, tata kelolah pemerintahan, SDM Produktif, Berbudaya dan lingkungan hidup.

Arsidik menjelaskan, tema ini tidak lepas dari kinerja tahun 2022 ini, dengan fokus pada pembangunan yang di arahkan pada percepatan perekonomian melalui pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan UMKM. Kemudian, transformasi ekonomi melalui penguatan sektor pertanian, perikanan dan pariwisata.

Selanjutnya, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) peningkatan akses jalan pelayanan kesehatan dan peningkatan pelayanan publik, serta perhatian terhadap budaya dan lingkungan hidup.

“Untuk teman-teman OPD tetap melaksanakan tugasnya dengan baik. Bekerjalah sesuai apa yang menjadi kebutuhan kita di masyarakat. Sehingga Buteng bisa tumbuh dan maju ke depan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Buteng, LM Syamsuddin Pamone melaporkan, Musrembang RKPD 2023 dihimpun dari semua usuluan masyarakat mulai dari Musrembang tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan.

“Usulan inilah yang kemudian kita tampung dan nantinya akan disempurnakan dalam rancangan RKPD. Untuk jumlah usulan sendiri yang kita terima itu sangat banyak,” tuturnya.

Usulan itu, Lanjut Syamsuddin menuturkan akan ditindaklanjuti pihaknya bersama OPD untuk diverifikasi dan didesain secara prioritas dan disesuaikan dengan anggaran pemerintah daerah yang sangat terbatas, sebagai program pemerintah daerah yang bermanfaat luas bagi kepentingan masyarakat.

“Ada juga program kegiatan yang akan kita bawa ke desa dan kelurahan untuk dibiayai melalui dana desa dan dan kelurahan sebagai program yang harus diprioritaskan untuk dilaksanakan pada 2023 nanti,” jelasnya.

Hanya saja, Lebih lanjut Syamsuddin menambahkan RKPD yang sudah disusun tetap akan dikerjakan ditahun 2023. Walaupun di ketahui tahun depan akan dipimpin seorang Penjabat (Pj).

“Tetap berjalan walaupun nantinya di pimpin seorang PJ. Bisa berubah kecuali di perubahan,” tutupnya. (p4/b/aji)

  • Bagikan