Pelintas Konawe Wajib Tunjukan Kartu Vaksin

  • Bagikan

Kapolda Irjen Pol. Drs. Teguh Pristiwanto dan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa

UNAAHA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe bakal memperketat pemeriksaan sertifikat vaksin bagi para pelintas baik itu warga Konawe maupun dari luar Konawe. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Kata dia, bagi warga yang hendak bepergian dari arah Unaaha menuju Kendari maupun sebaliknya, kini harus melengkapi aturan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Warga yang melintasi terminal Wawotobi harus memperlihatkan sertifikat vaksin. Setelah diperiksa dan sertifikat vaksinnya ada maka diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Namun, apabila tidak ada (sertifikat vaksin.red) jangan harap diberi kelonggaran untuk melintasi wilayah tersebut,” tegas Bupati Konawe.

Bupati Konawe dua periode itu mengatakan, dirinya telah berdiskusi dengan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan terkait rencana pemberlakuan aturan pengetatan prokes Covid-19 di wilayah yang ramai dilalui masyarakat.

“Dalam waktu dekat kita berlakukan. Untuk Konawe, jadi yang akan melintas itu kita arahkan di terminal Wawotobi. Motor dan mobil akan kita suruh masuk disitu. Yang belum vaksin, tidak bisa melanjutkan perjalanannya. Kita kembalikan pulang,” ungkapnya.

Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPW PAN Sultra ini menuturkan, untuk memaksimalkan kebijakan itu nantinya akan ada petugas gabungan yang standby di terminal Wawotobi. Tim gabungan itu terdiri dari tenaga medis, Satpol-PP Konawe, termasuk unsur TNI-Polri. Pemkab Konawe juga akan mendirikan gerai vaksinasi Covid-19 bagi pelintas yang berkeinginan untuk divaksin di pintu masuk menuju kota Unaaha tersebut.

“Jadi kalau dia belum vaksin, kita vaksin disitu baru boleh melanjutkan perjalanan. Kalau tidak mau, kita pulangkan,” jelasnya.

“Kalau kita tidak lakukan kebijakan seperti ini, akan merajalela terus warga yang tidak mau disuntik. Apalagi Konawe ini menjadi jalur perlintasan. Makanya kita harus kompak menyukseskan vaksinasi ini. Pokoknya tidak ada lagi kompromi,” pungkas orang nomor satu di Konawe itu. (cr2/b/aji)

  • Bagikan