Doddy Sudrajat Bersi Keras’ Pindahkan Makam Vanessa Angel, Gus Miftah:Itu Haram

  • Bagikan

Doddy Sudrajat Bersi Keras’ Pindahkan Makam Vanessa Angel, Gus Miftah:Itu Haram

Rakyatsultra , —  Pendakwah kondang Miftah Maulana Habiburrahman atau biasa disapa Gus Miftah, menyampaikan pendapatnya soal rencana Doddy Sudrajat yang akan memindahkan makam Vanessa Angel setelah peringatan 100 hari kematiannya. 

Secara tegas, pemilik pondok pesantren Ora Aji di Sleman itu mengatakan bahwa pemindahan makam karena wasiat ingin satu makam dengan Ibunya, tidak dibenarkan menurut syariat Islam.Bahkan disampaikan Gus Miftah, semua mazhab mengharamkan pemindahan makam seseorang dengan alasan seperti itu.

“Bahkan imam mazhab itu semua mengharamkan,” ujar Gus Miftah, dikutip dari akun Youtube Sambel Lalap, Jumat 11 Februari 2022.

“Secara administrasi saja ribet, apalagi secara syariat. Ketika seseorang ingin memindahkan mayat yang bisa menyebabkan patah tulang atau retak karena diangkat, maka kita telah mencederai kehormatan mayit tersebut,” sambungnya lagi.

“Memindahkan makan cuma karena alasan itu juga tidak dibenarkan. Karena lebih lanjut memindahkan makam itu bisa melanggar kehormatan si mayit,” sambungnya lagi.

Gus Miftah mengatakan, pemindahan makam boleh dilakukan jika ada hal-hal yang mendesak dan memang mengharuskan makam tersebut dipindahkan.

“Kalaupun ada yang memperbolehkan itu karena satu, untuk kemaslahatan jenazah itu sendiri. Kemudian tanah yang digunakan bukan haknya. Dan untuk kemaslahatan umum,” jelas Gus Miftah.

  • Bagikan