Layanan Pesawat Cargo di Sugimanuru, Tunggu Rampung Pembangunan Terminal 

  • Bagikan

M Khusnuddin.

LAWORO – Perampungan pembangunan terminal baru di Bandar Udara Sugimanuru Muna Barat (Mubar) terus dilakukan. Mega proyek itu, kini telah memasuki tahapan akhir.

Pihak pengelola Bandara setempat, bakalan membuka penerbangan jasa pelayanan pesawat cargo. Upaya itu, baru bisa terealisasi, kalau pembangunan terminal di sana, telah tuntas seratus persen.

Kepala Bandar Udara Sugimanuru, M Khusnuddin mengatakan, belum dibukanya layanan penerbangan pesawat cargo bukan tanpa alasan.

Melainkan, pihaknya masih menunggu tuntasnya pembangunan terminal baru. Dengan begitu, terminal lama bisa digunakan sebagai sarana penunjang pesawat tersebut.

“Kalau pesawat Cargo, kita tunggu dulu rampung terminal baru. Jadi, terminal lama itu, bisa kita gunakan untuk tempat layanan Pesawat Cargo,,” kata Kepala Bandar Udara Sugimanuru, M Khusnuddin, saat ditemui, Rabu (9/2/2022).

Terkait dengan kepastian realisasi itu, Khusnuddin, tak ingin berandai-andai. Jelasnya, lebih cepat rampung pembangunan terminal, maka dalam waktu itu pula, layanan Pesawat Cargo bakal dibuka.

“Penyelesaiannya lebih cepat, langsung beroperasi. Mudah-mudahan, terminal baru cepat selesai. Tahap finishing aja sekarang. Tahun lalu, kita tidak bisa kejar, karena adanya refocusing anggaran. Tetapi, Insyaallah, diakhir tahun kita akan gunakan,” terangnya.

Ia mengaku, kalau cepat rampung, sebagai langkah awal, pesawat cargo masih akan menyatu dengan pesawat penumpang. Tentunya, kemampuan mengangkut barang, telah ditentukan dengan pihak manajemen maskapai, dengan melihat jumlah penumpang.

“Kita akan benahi terus. Apalagi, frekuensi penerbangan sekarang itu kan bertambah menjadi lima kali dalam seminggu. Mudah-mudahan saja, semua bisa berjalan aman, lancar. Semua untuk kemajuan daerah Muna dan Muna Barat,” pungkas Khusnuddin. (m1/b/aji)

  • Bagikan