Pemkab Butur Siapkan Rp 12 Miliar Benahi Pasar Sentral Minaminanga

  • Bagikan

Amimuddin.

BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) tahun ini akan melakukan pembangunan dan pembenahan kembali pasar sentral Minaminanga di Kecamatan Kulisusu.

Pembangunan dan penataan kembali pasar tersebut akan menelan biaya sebesar Rp 12 miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Butur, Amimuddin, menuturkan, saat ini proses perencanaan pembangunan pasar di Mina-minanga telah dituntaskan. Dengan begitu pembangunannya berarti tinggal menunggu proses lelang paket kegiatan selesai dilakukan.

“Realisasi pembangunannya Insya Allah dalam waktu dekat,” ungkap Amimuddin

Gelontoran anggaran sebesar Rp 12 miliar tersebut, beber Amimuddin bersumber dari dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui PT Sarana Multi Infrastruktur.

Untuk anggaran itu, lanjutnya, nantinya tidak hanya membangun lods pasar, tetapi juga untuk kegiatan penataan halaman, pagar keliling, pembangunan akses jalan dan tempat pembuangan sampah.

“Untuk pembangunan lods pasar di gedung A, B dan C sebanyak 96 tempat. Saat ini kondisi gedungnya sudah mengkhawatirkan jadi harus dibangun baru,” tegas Amimuddin.

Menurutnya pembangunan dan penataan kembali pasar rakyat sangat diperlukan untuk menopang pertumbuhan ekonomi di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara itu.

“Keberadaan pasar sangat menopang ekonomi suatu daerah,” imbuhnya. (r3/b/aji)

  • Bagikan