Sinergi Diskominfo dan Disdukcapil Maksimalkan Aplikasi Layanan Publik Laika

  • Bagikan

Kadis Kominfo Kota Kendari

KENDARI – Diskominfo Kota Kendari bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari terus menyosialisasikan penggunaan aplikasi Layanan Terintegrasi Kota Kendari (Laika) kepada masyarakat.

Salah satunya dengan menggelar rakor penggunaan aplikasi Laika bagi petugas Disdukcapil di kecamatan dan kelurahan, yang bertujuan untuk memberikan pemaham kepada admin kecamatan dan kelurahan terkait pemanfaatan aplikasi Laika, sehingga nantinya admin bisa menjelaskan kepada masyarakat terkait alur pelayanan dalam ini.

Kadis Kominfo Kota Kendari Fadlil Suparman menjelaskan, untuk memberikan pelayanan yang baik serta maksimal kepada masyarakat, semua aparat pemerintah harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi Informasi.

“Apalagi visi Pemkot Kendari adalah mewujudkan kota layak huni berbasis ekologi informasi dan teknologi. Ini sudah sangat jelas bahwa dalam memberikan pelayanan kita harus mampu berupaya semaksimal mungkin untuk memanfaatkan teknologi dan informasi,” ujarnya.

Menurutnya, tidak banyak daerah yang fokus pada visi pelayanan berbasis teknologi dan informasi. Namun Kota Kendari sudah langsung menerapkan dalam layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari, Iswanto Dongge, mengungkapkan kegiatan tersebut dalam rangka pemantapan layanan online di Disdukcapil.

“Kegiatan ini dianggap penting untuk dilakukan sebagai jalan mengedukasi admin di UPDT Kecamatan, sehingga nantinya diharapkan dapat bekerja dengan baik untuk melayani masyarakat Kota Kendari,” terangnya.

Mantan Irban III Inspektorat inj menyakini dengan bantuan Dinas Kominfo bisa membantu dalam memanfaatkan teknologi informasi, untuk kemajuan Kota Kendari, termasuk dalam layanan Laika.

“Insyaallah nanti ini Diskominfo mampu memberikan informasi semua kegiatan yang terjamin di Kota Kendari termasuk layanan laika. Saya sangat mendukung sekali kegiatan pelayanan online ini,” pungkasnya. (r6)

  • Bagikan