Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UHO Optimis Pertahankan Akreditasi Unggul

  • Bagikan

Dr. Tajuddin.

KENDARI – Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Halu Oleo (UHO) saat ini tengah melakukan persiapan untuk melakukan visitasi perpanjangan akreditasi, guna mempertahan capaian akreditasi unggul yang telah diraih tahun 2021.

Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Dr. Tajuddin mengungkapkan, tahun lalu pihaknya berhasil mendapatkan akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) secara kompresi yang sebelumnya adalah A.

Masa akreditasi ini akan berakhir pada bulan Agustus tahun ini, jadi untuk saat ini pihaknya sedang mempersiapkan lagi untuk mempertahankan akreditasi unggul tersebut.

“Akreditasi unggul ini berhasi didapatkan ketika kita berhasil mengkompresi akreditasi A menjadi unggul. Untuk itu pada vicitasi perpanjangan akreditasi ini, kita akan berusa agar bisa mempertahankan akreditasi unggul ini,” ungkapnya, Rabu (26/1/2021).

Ia menjelaskan, untuk mempersiapkan visitasi akreditasi nanti, pihaknya telah membentuk tim dan melakukan penyusunan instrumen. Dan saat ini pihaknya sudah mulai bekerja seperti mengumpulkan dokumen serta menyiapkan borang akreditasi.

“Ada poin penting yang kita harus siapkan dan menjadi poin prnting pada vicitasi nanti antara lain, dokumen kinerja program studi yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia, kemudian tentang keuangan dan capaian,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada sedikit keraguan pada dirinya terkait mempertahan akreditasi unggul ini, karena yang melakukan reakreditasi adalah Lembaga Akreditasi Mandiri dan bukan BAN PT dan ada perbedaan dengan sebelumnya. Dimana mereka ini mengadopsi standar akreditasi internasional jadi standar yang ditentukan juga lumayan tinggi sehingga muncul juga keraguan bagi pihaknya.

“Namun kami tetap optimis bahwa akreditasi unggul ini tetap bisa kita pertahankan karena sebagian besar apa yang mereka minta kita sudah persiapkan. Saya berharap kepada teman-teman untuk semangat dalam bekerja serta dukungan dari pimpinan. Begitu juga para mahasiswa harus bersatu padu sehingga lembaga kita bisa tetap eksis,” pungkasnya. (cr5/b/aji)

  • Bagikan