Didesain Dua Lantai, Pasar Wakuru Bakal Habiskan Anggaran Rp 30-40 Miliar

  • Bagikan

La Ode Darmansyah.

RAHA- Pascakebakaran hebat pada  Oktober 2021, Pasar Wakuru, Kecamatan Tongkuno yang merupakan pusat perputaran ekonomi masyarakat Muna di wilayah Tongkuno Raya dan sekitarnya belum direvitalisasi.

Pemkab Muna menggunakan dana Biaya Tak Terduga (BTT) senilai Rp 1 Miliar, hanya membangun 80 kios dan satu buah WC yang akan digunakan sementara oleh para pedagang korban kebakaran yang dibangun di luar lokasi Pasar Wakuru.

Sementara di lokasi eks kebakaran, Pemkkab Muna melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muna, sudah menyiapkan rencana pembangunan gedung Pasar Wakuru.

Diwawancarai jurnalis Rakyat Sultra, Kepala Dinas Perindag Muna, La Ode Darmansyah mengungkapkan bahwa Pasar Wakuru direncanakan akan dibangun dua lantai.

“Saat ini kita sedang rancang, desainnya dua lantai,”ungkapnya.

Biaya pembangunannya diperkirakan akan menelan anggaran yang tak sedikit jumlahnya, diperkirakan bisa menyentuh Rp 30-40 Miliar.

Mengenai rencana ini, Darmansyah intens melakukan komunikasi dengan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir Ridwan Bae dan anggota DPD RI, Wa Ode Rabiah Al Adawiah yang juga menginisiasi rencana pembangunan Pasar Wakuru.

Saat ini kata Darmansyah pihaknya sedang menyelesaikan desain dan proposal pengajuan anggarannya ke Kementerian Perdagangan.

“Tahun 2022 baru perencanaannya saja. Anggarannya pembangunannya multi years karena menggunakan anggaran Rp 30 – 40 Miliar,” pungkasnya. (sra/aji)

  • Bagikan