SPKLU PLN Fast Charging 2×25 KW pertama Di Sultra dapat Melayani Dua Mobil Bersamaan

  • Bagikan

Rakyatsultra.com, KENDARI, — Masyarakat Sulawesi Tenggara kini bisa merasakan bepergian dengan mobil listrik secara nyaman karena sudah tersedia (SPKLU) didepan kantor PLN Unit layanan pelanggan Wuawua Kendari.

Hal itu dikatakan General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid saat meresmikan Enam Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Manado, Kendari, Ambon, Labuan Bajo, Mataram, dan Jayapura secara serentak. Senin (17/1/2021)

Kata dia, Infrastruktur ini diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi perkembangan penggunaan Electric Vehicle (EV) di Indonesia khususnya di Kota Kendari. SPKLU PLN ULP Wuawua telah terintegrasi dengan aplikasi charge.IN. “Dengan teknologi fast charging, pengisian dari 0% (kosong) ke full 100% hanya dalam waktu 180 menit serta sudah bisa menempuh jarak 300 km,” imbuh Awaluddin.

SPKLU PLN ULP Wuawua dengan kapasitas 2×25 Kilo Watt (KW) tersebut dibangun selama kurang lebih satu bulan memiliki beberapa fitur, yaitu teknologi Fast Charging DC-DC 25 kW dan DC-DC-AC 25 kW serta memungkinkan pelanggan melakukan pengisian daya hanya dengan waktu 180 menit dalam kondisi 0-100% sehingga dapat menempuh jarak 300 KM (kapasitas Baterai 38,9 kWh).

Saat ini sudah ada tiga SPKLU di wilayah kerja PLN UIW Sulselrabar yaitu SPKLU ULP Mattoanging (25 kW), SPKLU UP3 Makassar Selatan (50 kW) di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, dan SPKLU PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) WuaWua (2×25 kW) di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Kedepannya di Tahun 2022 PLN UIW Sulselrabar akan menambah 2 unit SPKLU yang berlokasi di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dan kantor PLN UP3 Pare-Pare Kota Parepare.

“Kehadiran SPKLU ini diharapkan akan menjadi mata rantai ekosistem energi terbarukan yang tengah dikembangkan di Tanah Air. Ekosistem yang telah siap dan kondusif merupakan prasyarat utama keberhasilan gerakan bersama untuk mendorong masyarakat bergeser ke energi terbarukan yang zero emision,” tandas Awaluddin.

“Kami meyakini keberadaan listrik bukan hanya sekedar penerang, tetapi juga akan menggerakkan kegiatan usaha yang menciptakan beragam cerita sukses dalam setiap kehidupan,” tutupnya.

SPKLU PLN diresmikan oleh Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara (Sulmapana), Adi Priyanto di enam lokasi berbeda di Indonesia Timur secara virtual. Pada saat yang bersamaan, Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, S.H., dan General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid juga meresmikan langsung SPKLU PLN pertama di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hadir pula stakeholder PLN sekaligus pemilik Mobil Listrik, Walikota Kendari H. Sulkarnain Kadir, SE., ME., dan Bupati Konawe Utara Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPM, Asean. Eng., yang turut meresmikan SPKLU PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Wuawua. (p2)

  • Bagikan