Sekda Pastikan Pembangunan Kantor Dinsos Kota Gunakan Dana BTT

  • Bagikan

Nahwa Umar saat meninjau Kantor Dinas Sosial yang terbakar.

Rakyatsultra.com, KENDARI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Hj Nahwa Umar memastikan pembangunan Kantor Dinas Sosial (Dinsos) yang hangus terbakar bakal menggunakan dana Belanja Tak Terduga (BTT) bersumber dari APBD Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau Kantor Dinsos yang dilalap si Jago Merah, Rabu (5/1/2022) sekira pukul 19.00 Wita.

“Tidak dianggarkan tapi dengan bencana kebakaran begini bisa melalui Belanja Tidak Terduga (BTT) karena tidak mungkin menunggu tahun depan, tentu ya pos itulah yang kita biasa gunakan yang namanya darurat. Ini benar-benar darurat, benar-benar diluar dugaan kita. Tidak pernah kita bayangkan akan terjadi kebakaran, tapi namanya musibah semua ini cobaan dan tidak boleh kita kemudian diam saja,” cetus Nahwa.

Jenderal ASN Kota Kendari ini menambahkan bahwa Belanja Tak Terduga yang dianggarkan Pemkot tahun ini sebesar Rp 50 Miliar. Artinya, dana yang ada bisa digunakan untuk pembangunan Kantor Dinsos yang terbakar. Termasuk sarana prasarana didalamnya.

“BTT tahun ini kurang lebih Rp 50 an miliar. Kita juga tetap mmengalokasikan untuk vaksin. Kan masih ada perubahan kalau tidak cukup, yang penting ini dulu. Saya kira bisa dinding-dinding nya masih bisa dimanfaatkan, yang masih bisa dimanfaatkan kita manfaatkan. Makanya segera dihitung (kerugian,red) kira-kira seperti itu,” pungkas Nahwa.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Kendari, Abdul Rauf menaksir kerugian akibat kebakaran kurang lebih Rp 1 miliar. Pihaknya, pun masih melakukan perhitungan detail akibat kerugian.

“Ya kalau bangunan nya ini saya pikir barang kali diatas Rp 1 miliar ya. Saya juga bukan ahli taksir tidak bisa bisa mengakur ini berapa. Barang kali mungkin nanti teman-temandari aset yang akan menghitung membantu saya,” cetusnya. (r6)

  • Bagikan