Gubernur Sultra Sematkan dan Beri Penghargaan Sejumlah ASN Berprestasi pada Upacara HAB ke-76

  • Bagikan

Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Kakanwil Kemenag Sultra H Zainal Mustamin menyematkan Satya Lencana kepada salah satu pegawai Kemenag Sultra. Foto: Dirma/Rakyat Sultra.

KENDARI – Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama (Kemenag) yang dilakukan Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Tenggara (Sultra) pada hari Senin, 3 Januari 2022 diwarnai dengan penyematan Satya Lencana dan pemberian penghargaan kepada sejumlah ASN Kemenag Sultra.

Gubernur Ali Mazi yang menjadi pembina upacara membacakan sambutan Kemenag RI mengungkapkan, Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

“Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, Kemenag juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam  pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi. Dari perspektif tata kelola keuangan, Kemenag juga mampu mempertahankan prestasinya.

Oleh karena itu, ia mengucapkan terima kasih kepada segenap Pegawai Aparatur Sipil Negara Kemenag yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama. Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

“Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama bapak presiden, diberikan penghargaan satyalancana karya satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama. Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kemenag dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra, H Zainal Mustamin mengatakan, pada peringatan HAB ke-76 Kemenag ini, ia menyampaikan rasa bahagia dan luar biasa dari Kemenag Sultra.

Di tahun ini tentu kita akan memperkuat moderasi beragama guna menjadikan Sulawesi Tenggara sebagai daerah yang harmonis, rukun dan damai.

Untuk itu semua stakeholder akan terlibat bersama dalam moderasi beragama baik itu pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiswa dan para siswa. Insyaallah di Tahun 2022 ini adalah tahun toleransi sehingga kahadiran Kementerian Agama bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Hari ini adalah hari amal bhakti yang ke-76 Kemenag dan seluruh stakeholder hadir membersamai suka cita ini. Tentunya ini menjadi kebahagian tersendiri bagi kami dan terus membangun sinergitas dengan pemerintah daerah dan umat beragama di Sultra dan secara internal kami memperkuat komunikasi persaudaraan kami dengan sesama pegawai dan purnabakti,” pungkasnya. (cr5/b/aji)

  • Bagikan