7 Pengobatan Alami Ini Ampuh Atasi Masalah Ketombe

  • Bagikan

KABUPATEN BOGOR – Ada berbagai masalah rambut yang bisa membuat Anda merasa pusing dan resah. Mulai dari kutu, uban, dan ketombe.

Ketombe merupakan masalah pada kulit kepala yang bisa menyerang siapa saja, bahkan anak-anak.

Ketombe merupakan serpihan putih akibat jamur yang tumbuh pada kulit kepala dan bisa terlihat di rambut Anda juga.

Ketombe terasa sangat gatal dan bisa membuat rasa percaya diri Anda menurun. Ada berbagai sampo anti ketombe yang bisa Anda gunakan.

Namun, ada beberapa pengobatan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir ketombe. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pharmeasy.in.

1. Soda Kue

Soda kue bisa bertindak sebagai pengobatan alami yang efektif untuk memerangi ketombe.

Yang perlu Anda lakukan adalah membasahi rambut Anda dan taburkan segenggam baking soda di kulit kepala kamu.

Gosok dengan kuat. Setelah berolahraga, lakukan bilas cepat, tetapi hindari keramas. Awalnya, setelah beberapa sesi, Anda merasa rambut kamu kering.

Namun, pada akhirnya kulit kepala Anda akan mulai memproduksi minyak alami sehingga membuat rambut terlihat lebih lembut dan bebas dari serpihan kering.

2. Aspirin

Aspirin bisa memainkan peran penting dalam mencegah ketombe. Hancurkan dua aspirin menjadi bubuk halus dan tambahkan ke sampo biasa Anda.

Keramas rambut Anda dengan campuran ini dan bilas setelah dua hingga tiga menit. Asam salisilat yang ada dalam aspirin membantu mengobati ketombe secara efisien.

3. Yoghurt

Semangkuk yoghurt segar juga bisa membantu menenangkan kulit kepala yang gatal.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah keramas rambut, oleskan yoghurt, dan diamkan selama 15 menit atau lebih. Bilas dengan air dan cuci lagi dengan sedikit sampo biasa.

Yoghurt adalah harta karun bakteri ramah dan dengan demikian membantu mencegah pengelupasan kulit kepala.

Anda juga bisa menambahkan lada hitam ke yoghurt karena juga memiliki sifat antijamur.

4. Lemon

Peras lemon penuh dan pijat jus ke kulit kepala Anda. Biarkan istirahat selama 2 hingga 3 menit dan bilas dengan sampo biasa.

Anda juga bisa menambahkan jus lemon ke dalam secangkir air dan menggunakannya sebagai bilasan terakhir setelah sesi keramas.

Lakukan secara rutin hingga ketombe hilang. Sifat asam lemon membantu menyeimbangkan pH rambut Anda.

5. Cuka Sari

Apel Cuka sari apel adalah pengobatan alami yang efektif untuk menghilangkan ketombe.

Ini bersifat asam yang membantu menghilangkan sel kulit mati di kulit kepala. Ini juga mencegah pertumbuhan jamur.

Buat larutan menggunakan 2 sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air. Cuci rambut Anda seperti biasa dengan sampo. Kemudian tuangkan larutan ini ke rambut Anda sebagai bilasan terakhir.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya mengurangi iritasi kulit dan memiliki efek pelembab. Ini mengurangi pengelupasan dan gatal serta meredakan ketombe.

Ini adalah antibakteri dan antijamur yang selanjutnya melindungi dari ketombe.

Oleskan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala Anda dan biarkan selama sekitar setengah jam. Kemudian cuci rambut Anda dengan sampo ringan.

7. Minyak Kelapa Organik

Minyak kelapa organik sering digunakan untuk mencegah ketombe. Ini menghidrasi kulit kepala kita dan mencegah kekeringan dan pengelupasan, yang bisa meningkatkan ketombe.

Ini juga bersifat antimikroba dan antijamur. Pijat lembut minyak kelapa organik pada kulit kepala, biarkan selama beberapa jam lalu bilas menggunakan sampo ringan. (jpnn/RS)

  • Bagikan