BPJS Kesehatan Kendari Komitmen Optimalkan Mutu Layanan, Berikut Langkah yang Dilakukan

  • Bagikan
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Ivan Ravian saat berkunjung ke FKTP.

KENDARI – Sebagai upaya meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan Cabang Kendari terus memberikan edukasi kepada Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di FKTP dalam menerima setiap pengaduan dan keluhan dari pasien. Untuk memaksimalkan hal tersebut, edukasi dilakukan hingga ke FKTP yang berada di wilayah kepulauan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Ivan Ravian menjelaskan kegiatan sosialisasi dan edukasi ini penting dilakukan secara rutin karena informasi terkait Program JKN sangat dinamis. Baginya, FKTP berperan penting dalam menjaga mutu layanan program JKN karena sebagai awal tahapan pelayanan kesehatan peserta JKN.

“Kegiatan seperti ini telah sering kami lakukan, mengingat perlunya update informasi serta tata cara penyampaian informasi dan penanganan pengaduan perihal Program JKN,” kata Ivan mengawali kegiatan Sosialisasi kepada Petugas PIPP FKTP, Kamis (26/1).

Ivan menganggap, PIPP FKTP akan menghadapi berbagai keluhan dan pengaduan yang berbeda dari setiap pasien, sehingga diharapkan tidak salah dalam memberikan informasi nantinya

Selain itu, lanjut Ivan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah menyukseskan fokus utama BPJS Kesehatan dalam hal kepuasan peserta serta akan meningkatkan mutu layanan.

Ia menyebutkan beberapa aspek akan ditingkatkan untuk mengoptimalkan PIPP mulai dari update fitur-fitur yang ada dalam Aplikasi Saluran Informasi Penanganan Pengaduan (SIPP) hingga peningkatan komitmen dalam melakukan pencatatan yang selama ini dinilai belum maksimal.

“Permintaan informasi dan penanganan pengaduan peserta JKN wajib untuk dilakukan pencatatan, sehingga dapat diketahui kebutuhan peserta JKN,” ujar Ivan.

Selain itu, Ivan juga menaruh perhatian pada perlu adanya koordinasi yang baik antara Petugas PIPP BPJS Kesehatan dengan Petugas PIPP FKTP untuk menyelesaikan keluhan dan memberikan informasi yang komprehensif. Dengan begitu pasien yang menyampaikan pengaduan dapat menerima informasi yang mudah dipahami, sehingga pasien puas dan dapat merasakan pelayanan yang nyaman di FKTP tersebut

Di kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Kabaena Barat, Daena Masiar mendukung penuh upaya BPJS Kesehatan dalam mengoptimalkan petugas PIPP FKTP. Ia menyampaikan akan menaruh perhatian khusus terhadap kepuasan peserta JKN.

“Komitmen kami akan optimalkan pencatatan dan dokumentasi setiap pengaduan dari peserta melalui Aplikasi SIPP. Hal ini juga akan menjadi evaluasi, sehingga kebutuhan dari peserta JKN dapat diketahui dan kita dapat menindaklanjuti dengan maksimal,” terang Masiar. RS

  • Bagikan