Abdullah Azwar Anas Dilantik Sebagai MenPAN RB

  • Bagikan
Abdullah Azwar Anas resmi dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9).

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9). Azwar menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022 lalu.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91P tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

“Bersediakah saudara untuk diambil sumpah menurut agama islam?,” kata Presiden Jokowi saat pelantikan, Rabu (7/9).

“Bersedia,” ucap Azwar Anas.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan undang-undang dengan selurus-lurusnya. Demi Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian pengambilan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi yang diikuti Azwar Anas.

Sebagaimana diketahui, Azwar Anas merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP). Ia juga merupakan mantan Bupati Banyuwangi. Sebelumnya, Azwar Anas juga menjadi anggota MPR dan DPR. (RS)

  • Bagikan