Green Project, DSSP Power Kendari Resmikan Bank Sampah Hijau Terpadu dan Transplantasi Terumbu Karang

  • Bagikan
Jajaran DSSP Power Kendari bersama jajaran Pemerintah Daerah Konsel, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UHO, serta Pembina Langkoe Diving Club usai kegiatan transplantasi karang. (Ist)

KENDARI – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan secara keseluruhan, PT DSSP Power Kendari melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk “DSSP Green Project” melakukan suatu tindakan nyata terhadap lingkungan, baik pengelolaan sampah maupun pelestarian terumbu karang melalui kegiatan transplantasi.

Jajaran DSSP Power Kendari bersama jajaran Pemda Konsel saat meninjau Bank Sampah Hijau Terpadu. (Ist)

Transplantasi terumbu karang merupakan salah satu upaya rehabilitasi terumbu karang yang semakin terdegradasi melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup yang selanjutnya ditanam di tempat lain atau web spider yang mengalami kerusakan atau menciptakan habitat baru.

Dalam sambutannya pada kegiatan peresmian Bank Sampah Hijau Terpadu dan Transplantasi Terumbu Karang, Direktur PT DSSP Power Kendari, Awaludin Latif S mengatakan, ini adalah upaya positif dalam rangka peresmian bank sampah hijau terpadu dan transplantasi terumbu karang. Dirinya berharap, kerjasama yang terjalin akan berlangsung terus menerus dan bisa dilakukan di sejumlah titik di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Sampah sampai hari ini menjadi permasalahan yang sangat serius, melalui momen ini maka kami dari pihak perusahaan mengambil satu inovasi dengan pemanfaatan sampah yang bisa menjadi contoh atau acuan serta mengedukasi masyarakat di sekitar perusahaan bahwa sampah jika dikelola dengan baik akan menjadi sumber pendapatan atau mempunyai nilai ekonomis yang bisa menambah penghasilan masyakarat, ” terangnya, baru-baru ini.

Sebagai bentuk partisipasi dan komitmen PT DSSP Power Kendari di dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility serta kaitannya dalam mendukung penerapan salah satu program SDGs untuk pengembangan ekonomi masyarakat serta mendukung salah satu program pemerintah di bidang pelestarian lingkungan di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Kegiatan yang berlangsung, 28 Maret ini dihadiri Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe Selatan, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Tenggara, ketua dan anggota DPRD Komisi IIKabupaten Konawe Selatan, Camat Moramo Utara, Kapolsek Moramo Utara, Danramil Moramo, Kepala Desa Wawatu dan Tanjung Tiram Serta turut hadir juga perwakilan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO), serta Pembina Langkoe Diving Club (LDC).

PT DSSP Power Kendari, merupakan perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan PLTU dengan kapasitas 2 x 50 MW di Kabupaten Konawe Selatan, dimana saat ini PLTU tersebut merupakan tulang punggung dari sistem kelistrikan di Sulawesi Tenggara.

Selain Program Transplantasi Terumbu Karang dan Bank Sampah Hijau Terpadu, perusahaan juga menyelenggarakan program-program CSR lainnya dan turut serta mendukung target Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) atau SDGs Desa.

“Hal ini merupakan bentuk perwujudan komitmen sosial sekaligus kepedulian dan solidaritas perusahaan kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan,” pungkas Awaluddin. (red)

  • Bagikan