Menjemput Bulan Penuh Berkah

  • Bagikan

Oleh : H Abdul Haliq SE,MM

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.” (QS Al Baqarah: 183).

TAK terasa kita akan berjumpa bulan Ramadhan, Sabtu (2/4) diperkirakan menjadi awal bulan ramadhan 1443 H, bulan mulia dan penuh berkah. Bulan ini juga disebut Sayyidul Asy-Hur (Tuan nya bulan) karena derajat kemuliaannya begitu tinggi.

Saking mulianya sehingga Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa merasa gembira dengan datangnya bulan Ramadhan maka Allah mengharamkan jasadnya masuk neraka.”(diriwayatkan oleh An-Nasa’i)

Menjalankan ibadah ramadhan tahun ini akan lebih terasa Indah dibandingkan tahun sebelumnya, dengan mewabahnya covid 19 dan Prokes (Protokol kesehatan) yang sangat ketat, dengan keluarnya pidato presiden Jokowidodo yang memperbolehkan pelaksanaan shalat tarawih secara berjamaah di masjid dan mudik lebaran pada Idul fitri nantinya, memberikan kabar gembira bagi Ummat muslim di Indonesia.

Ramadhan merupakan bulan yang Istimewa. Pada bulan ini kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak Ibadah dan berlomba-lomba dalam kebaikan , karena Ibadah kita dilipatgandakan pada bulan ini. Maka dari itu, kita harus semangat dalam beribadah agar ramadhan tidak berlalu begitu saja.

Seandainya kita mengetahui rahasia dan keutamaan bulan ini, niscaya kita akan berharap semua bulan adalah bulan Ramadhan karena begitu mulianya bulan ini.

Ramadhan disebut bulan mulia karena pada bulan ini Al-Qur’an diturunkan. Al-Qur’an merupakan Kalamullah yang mulia, sehingga apapun yang berhubungan denganNya sesuatu itu akan ikut mulia.

Bulan Ramadhan disebut juga bulan puasa, karena setiap muslim yang mukallaf dan mampu diwajibkan untuk berpuasa karena begitu istimewanya pada bulan ini, tidurnya orang berpuasapun dianggap Ibadah.

Ganjaran bagi orang yang berpuasa akan diberi kemudahan dalam memasuki surga melalui pintu Rayyan yang diperuntukkan bagi para ahli puasa, ini lah bentuk perhatian besar Allah SWT pada bulan mulia ini.

Selain berpuasa ramadhan bulan ini juga dihiasi dengan shalat Tarawih, walau masih ada juga orang melalaikannya, sepatutnya setiap muslim menyambutnya dengan gembira karena bulan ini hanya datang sekali dalam setahun.

Banyak sekali keutamaan shalat Tarawih, beberapa diantaranya yaitu; Diampuni dosanya seperti hari dia dilahirkan dari kandungan,
Pahala kita dilipatgandakan selama 40 tahun, dan masih banyak lagi keutamaan shalat ini.

Malam Lailatul Qadr juga menjadi keutamaan bulan ramadhan, Pada malam inilah Al-Qur’an diturunkan, maka tak heran jika malam ini disebut Lailatul Qadr, dan malam yang sangat dinantikan oleh seluruh Ummat muslim.

Untuk itu mari kita jemput ramadhan dengan hati yang suci, dan semangat untuk mengerjakan amal ibadah dengan memanfaatkan keutamaan- keutamaan ramadhan, dan semoga Allah SWT menurunkan maghfirahnya dan menjadikan kita orang-orang yang dirindukan surga.(*)

  • Bagikan