Konkep Usul 1.747 Unit BSPS

  • Bagikan

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir Ridan Bae menyerahkan bantuan BSPS. Foto: IST.

LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus mengoptimalkan pengusulan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sejak 2018 lalu. Terbaru Konkep melalui Dinas Perumahan setempat mengusulkan sebanyak 1.747 unit rumah di tujuh kecamatan.

Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Perumahan melalui Kepala Subbagian program Dinas Perumahan Konkep, Supriaty, ST saat dikonfirmasi, Minggu (30/1/2022). Katanys, saat ini pihaknya sementara updating data untuk tahun 2021.

“Data tahun 2020 jumlah RTLH ada sekitar 1.747 unit rumah,” katanya.

Untuk tahun 2021 kata dia, pengusulan bantuan perumahan melalui Dana Aokasi Khusus (DAK) belum diketahui berapa jumlah yang disahuti, karena sistem saat ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kuota itu tergantung dari kesiapan Pemkab untuk menyediakan dana sering.

“Akan ditahu berapa jumlah porsi Konkep di bulan Maret,” katanya.

Mengenai pengusulan BSPS tahun 2022 sambungnya belum dipastikan yang jelas data harus siap di bulan Februari sampai Maret 2022.

“Yang jelas pengusulannya se Konkep. Tergantung Kementerian. Ada tiga sumber anggaran BSPS ini, ada yang dari DAU, DAK, dan ada juga yang langsung dari Kementerian PUPR. Kalau untuk BSPS yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah itu sebanyak 20 unit rumah, kalau yang lain belum ditahu,” tandasnya. (r2/b/aji)

  • Bagikan