PT Vale Indonesia Tbk Membangun Prasarana, Menumbuhkan Ekonomi Guna Menguatkan Kapasitas Pelaku Usaha Lokal

  • Bagikan

Rakyatsultra.com, — 5 Dekade PT Vale Indonesia Tbk beroperasi di Indonesia terus berkembang menjadi salah satu perusahaan tambang mineral terkemuka, dengan komitmen jangka panjang untuk berkontribusi positif terhadap pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

PT Vale Indonesia Tbk  hadir  untuk membangun fondasi yang kuat untuk masa depan Indonesia, meluncurkan ambisi mendorong nilai jangka panjang dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Salah satu pilar strategis Vale adalah menyertakan keberlanjutan sebagai bagian tak terpisahkan dari bisnisnya dengan membangun ekonomi, sosial, dan lingkungan, serta memitigasi dampak operasi.

PT Vale Indonesia  menegaskan komitmen penuh menjaga kelestarian Bumi, serta menjalankan bisnis yang beretika dan berpedoman pada standar-standar terdepan.  Dalam Investasi,  PT Vale Indonesia  mengurangi dampak kegiatannya,  bekerja dengan standar etika yang tinggi, mengedepankan manajemen yang transparan dan secara aktif berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati, serta melaksanakan pembangunan berkelanjutan.

Seperti yang telah dilakukan PT Vale Indonesia Tbk di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Mei 2019 yang lalu . PT Vale bersama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur meluncurkan Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) periode 2018-2022. Program PKPM yang di gagas PT Vale Indoesia  merupakan program pengembangan masyarakat hasil sinergisitas antara perusahaan dengan pemerintah. Serta upaya PT Vale untuk menyesuaikan implementasi program pengembangan masyarakatnya dengan regulasi terbaru khususnya Kepmen ESDM 1824 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat dan UU Desa.

Melalui  Program PKPM ini, program sosial Perusahaan nantinya akan dikembangkan dan dilaksanakan sinergis dan berorientasi pada pertumbuhan ekonomi wilayah sesuai potensinya sehingga dapat mempercepat tujuan pembangunan Kabupaten Luwu Timur.

PKPM mulai dirancang PT Vale bersama Pemkab Luwu Timur dan perwakilan masyarakat yang kemudian disebut Ke mitraan Tiga Pilar sejak 2017.  Pola dan skema PKPM di empat wilayah pemberdayaan PT Vale (Malili, Wasuponda, Towuti dan Nuha) yang berada di Blok Sorowako. Pola ini memberikan dukungan bagi masyarakat untuk pengembangan kawasan dan produk unggulan desa/produk ung gulan kawasan.

PPM-PKPM telah diimplementasikan di 38 desa, 4 kecamatan melalui 10 kawasan pengembangan sesuai karakteristik dan komoditas unggulan di wilayahnya seperti pertanian, pariwisata, industri, UMKM, hingga peternakan untuk periode 5 tahun (2019-2022).

Program PKPM memfasilitasi percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan dilaksanakan  melalui strategi pemberdayaan dan keswadayaan yang difokuskan pada pengembangan kawasan berbasis potensi unggulan. PKPM bertujuan meningkatkan kapasitas produksi, daya saing, nilai tambah, dan kemandirian ekonomi masyarakat di wilayah terdampak operasi.

Program PKPM  merupakan wujud  komitmen PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale)  dalam melakukan pengembangan terhadap potensi unggulan yang dimiliki sejumlah desa di area pemberdayaannya. (p2)

  • Bagikan