Malam Ramah Tamah HUT Sultra, Pj Gubernur Sampaikan Komitmen Laksanakan Pelayanan Publik yang Lebih Baik

  • Bagikan
Pj Gubernur Sultra, Komjen Pol. (P) Dr. (H.C) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H, saat memberikan sambutan pada acara malam ramah tamah yang dirangkaian kegiatan pameran Halo Sultra, Sabtu malam (27/4/2024), bertempat di pelataran MTQ Kendari.

Saat memberikan sambutan dalam acara malam ramah tamah peringatan HUT, yang dirangkaian dengan pameran Halo Sultra, Sabtu malam (27/4/2024), bertempat di pelataran MTQ Kendari, Pj Gubernur, Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto SIK MH menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, khususnya terkait pelayanan publik yang masih kurang selama ini.

“Di dalam dinamika perjalanan, mungkin ada kekurangan pada pelayanan publik. Untuk itu, saya selaku Pj Gubernur Sultra, memiliki tanggung jawab moril terkait hal tersebut. Olehnya, melalui kesempatan ini, mohon maaf lahir dan batin apabila ada kekurangan, keterbatasan dari para pelaksana kami. Insya allah, ke depan kami berkomitmen untuk melaksanakan pelayanan publik yang lebih baik dari waktu ke waktu,” ucapnya.

Terkait malam ramah tamah tersebut, Pj Gubernur Sultra menyampaikan jika pelaksanaan perhelatan HUT ke 60 Sultra terdapat berbagai rangkaian kegiatan, termasuk pembukaan Halo Sultra yang dikemas dengan berbagai acara.

Untuk itu, Pj Gubernur Sultra mengucapkan terima kasih atas rasa letih, dukungan, kerja sama selama ini, sehingga seluruh rangkaian acara peringatan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Saat ini kita sudah 60 tahun sebagai organisasi yang  artinya usia telah dewasa sehingga tidak boleh lagi ada alpa dan cepat dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat,” tegas Pj Gubernur.

“Goals atau tujuan diadakan Halo Sultra yaitu pertama, selain penerimaan hadiah berbagai lomba, goalsnya yakni dalam melayani masyarakat harus sehat atau health is not everything, but without health everything will be meaningless. Artinya, kesehatan bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak akan berarti,” tutur Pj Gubernur Sultra.

Dia melanjutkan, tujuan yang kedua, yakni kepedulian terhadap ulang tahun. “Sebab kalau bukan kita yang meramaikan, siapa lagi,” ujarnya.

Ketiga, kata Andap, perhelatan tahun ini dikemas secara sederhana dan beberapa hal lebih kepada membantu masyarakat dalam bentuk bakti sosial, dengan melakukan ajangsana dan pemberian dana yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat, termasuk juga pihak-pihak yang sangat membutuhkan di tengah keterbatasan.

Selain itu juga, katanya lagi, gelar Halo Sultra dalam peringatan HUT ke 60, adalah mempromosikan daerah.

Konteksasi wisata kuliner adalah bagiannya serta pameran Halo Sultra bagian juga dari mempromosikan berbagai budaya daerah.

Pada malam ramah tamah itu juga, turut hadir di antaranya, Ketua DPRD Provinsi Sultra, Forkopimda Sultra, Sekda Sultra, Pj Ketua PKK Sultra yang juga sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pemprov Sultra, Kepala BPS Sultra, Kakanwil Kemenkumham Sultra, Pimpinan Kepala OPD Lingkup Pemprov Sultra, Pj Walikota Kendari, Perwakilan Kab/Kota se-Sultra dan Pejabat terkait.

Bertindak selaku Ketua Panitia yakni Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi Sultra, Muliadi, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu:

Pertama, senantiasa mengingatkan bahwa sebagai warga Provinsi Sulawesi Tenggara bahwa umur dari Provinsi Sultra sudah melewati banyak dekade yang terus berkembang, maju dan sejahtera sebagai mana tema perayaan HUT ke-60 Provinsi Sultra, yaitu terus bergerak untuk Sultra maju, modern dan sejahtera.

Kedua, meningkatkan silaturaimi antara seluruh kelompok kepentingan yang ada di lingkup pemerintahan Provinsi Sultra, dan menumbuhkan rasa kekeluargaan, rasa kebersamaan dan kegotongroyongan untuk seluruhnya dalam membangun cita-cita Pemerintah Provinsi Sultra.

Ketiga, menumbuhkan kepekaan sosial dalam membantu atau memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di sekitar Pemprov Sultra, dalam hal ini masyarakat kurang beruntung.

Selanjutnya, acara malam ramah tamah dimulai dan pameran Halo Sultra dibuka yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua DPRD Sultra.

Terakhir, Pj. Gubernur Sultra didampingi Sekda Sultra dan Pj. Ketua PKK, serta pejabat terkait mengunjungi stand pameran HUT Sultra.

Di  tempat yang sama, diumumkan juga pemenang lomba olahraga antar OPD Lingkup Pemprov Sultra yakni: kompetisi badminton terdiri dua kategori yakni: Pertama, kategori perorangan Juara 1 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Juara 2 Dinas Kesehatan dan Juara 3 bersama BPKAD dan Dinas Perkebunan.

Kedua, kategori beregu Juara 1 Dinas Kesehatan, Juara 2 Dinas Perhubungan, Juara 3 bersama Inspektorat dan Dinas Bina Marga dan SDA.

Selanjutnya, Kompetisi futsal antar OPD Juara 1 Rumah Sakit Jantung, Juara 2 Dinas Kesehatan, dan Juara 3 Satpol PP, serta 1 penghargaan khusus untuk pencetak gol terbanyak dengan jumlah 21 gol atas nama Aji dari RS Bahteramas.

Cabang olahraga catur Juara 1 Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas, Juara 2 Dinas Kehutanan, dan Juara 3 Dinas Kelautan dan Perikanan.

Kompetisi tenis meja, Juara 1 Dinas Bina Marga dan SDA, Juara 2 Dinas Perhubungan, Juara 3 BPKAD. Dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Sekda Sultra, Ketua DPRD, Danrem 143 Haluoleo, Kabinda, Danlanal Kendari, dan Danlanud Haluoleo.

Adapun pemenang lomba kuliner khas daerah antara Penggerak PKK dari Kabupaten/Kota yaitu: Juara 1 Kota Kendari, Juara 2 Kabupaten Buton Utara, Juara 3 Kabupaten Wakatobi, dan Juara favorit Kota Baubau. Penyerahan hadiah dan piala oleh Pj. Gubernur Sultra kepada para pemenang. (ADV)

  • Bagikan