Lomba Mosolori, Populerkan dan Promosikan Sinonggi Sebagai Pangan Lokal Sultra

  • Bagikan
Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu saat mosolori (membuat Sinonggi) pada Lomba Mosolori memeriahkan HUT ke-192 Kota Kendari.

KENDARI – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari keluar sebagai Juara 1 Lomba Mosolori (membuat makanan khas Tolaki yakni Sinonggi) yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 192 Kota Kendari, Sabtu (6/5).

Sementara, juara dua diraih Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari dan juara 3 diraih Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari, juara 4 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kendari, juara 5 Dinas Pertanian dan juara 6 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Sedangkan untuk kategori kecamatan, juara satu Kecamatan Baruga, juara dua Kecamatan Abeli dan juara tiga Kecamatan Wua-wua.

Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Kota Kendari Hasria Mahmud menjelaskan, selain untuk memeriahkan HUT Kota Kendari, pelaksanaan lomba ini adalah untuk terus mempolulerkan dan mempromosikan makanan khas Suku Tolaki karena Sinonggi ini adalah salah satu jenis makanan pangan lokal yang dikonsumsi masyarakat Kota Kendari secara turun temurun.

“Lomba ini juga sebagai sarana promosi dan edukasi bagi masyarakat bahwa sinonggi tidak kalah dengan nasi atau pangan impor lainnya dari segi cita rasa dan gizinya jika disajikan dengan lauk pauk ikan, sayuran dan lainnya,” jelas Kadis Ketahanan Pangan Kota Kendari, Hasria Mahmud, Minggu (7/5).

Dia berharap, dengan lomba ini dapat mengangkat citra pangan lokal untuk dikonsumsi masyarakat dan menjadi tuan di negeri sendiri dan mampu meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi pangan lokal. Lomba ini diharap dapat meningkatkan diversifikasi konsumsi pangan melalui pemanfaatan bahan pangan lokal.FNN/RS

  • Bagikan