Satu Dekade Pembangunan di Kabupaten Wawonii

  • Bagikan
Wabup Konkep, Andi Muhammad Lutfi saat memaparkan kemajuan pembangunan Konkep dalam Paripurna peringatan HUT Konkep ke-10 tahun 2023 di Ruang Paripurna DPRD Konkep, Selasa (11/4).

Konawe Kepulauan – Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) memasuki usia sepuluh tahun sejak ditetapkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) tepat 12 April 2013, kini daerah yang sementara berkembang itu terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun, hingga diusianya satu dekade.

Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati, Andi Muh Lutfi memaparkan progres pembangunan yang kini menanjak menuju Wawonii berkembang kompetitif dan tangguh (Bangkit) di antaranya peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui program beasiswa Wawonii Cerdas.

“Pada sektor infrastruktur panjang jalan yang sudah terasapal meningkat dari 1,75 kilo meter pada tahun 2015 kini menjadi 99,158 kilo meter pada tahun 2022, jembatan dari 13 meter pada tahun 2014 kini menjadi 1.338 kilo meter atau sebanyak 122 unit, akses transportasi darat dan laut sudah memadai, semua kelurahan dan desa sudah terakses listrik 24 jam, lebih 80 persen masyarakat bisa mengakses jaringan telepon dan internet, di atas 80 persen masyarakat sudah mampu mengakses air bersih dan sanitasi yang layak,” jelasnya.

Pada sektor perekonomian, sambungnya Pemkab Konkep juga sudah mampu membangun industri pengolahan kelapa terpadu, industri air mineral dan pembangunan pasar rakyat yang mulai dioptimalkan fungsinya secara bertahap, di sektor pertanian, juga sudah mampu mendorong produktifitas baik tanaman pangan, perkebunan dan peternakan, begitu pula disektor perikanan dan pariwisata selalu didorong percepatan pembangunannya.

Karena itu Andi Muh Lutfi mengajak seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah lingkup Pemkab Konkep untuk terus bersinergi demi mewujudka visi Wawonii Berkembang Kompetitif dan tangguh dalam Bingkai Lingkaran Hati Emas.

“Sejalan dengan tema HUT ke-10 Kabupaten Konawe Kepulauan tahun 2023 yakni Wawonii Bangkit Maju Bersinar, kita jadikan momentum untuk menyatukan langkah, pikiran dan jiwa membangun daerah yang kita cintai ini dengan melakukan akselerasi pembangunan melalui lima pilar yakni bangun SDM yang cerdas, ciptakan kemandirian msyarakat dalam pelayanan kesehatan, ciptakan produktivitas dan nilai tambah setiap aktivitas perekonomian, revitalisasi budaya sebagai pemersatu, tingkatkan kepedulian terhadap masalah sosial,” ajaknya.

Selain progres pembangunan infrastruktur, perekonomian dan pendidikan, kata ia, kini Pemkab Konkep telah berhasil mengantar Pulau Wawonii dengan tata kelola pemerintahan yang baik dengan nilai B, Opini Wajar Tanpa Pengecualian diraih tiga tahun berturut-turut.

“Pertumbuhan ekonomi sudah mencapai 3,30 persen di tahun 2022 setelah sebelumnya kita mengalami pertumbuhan negatif, angka kemiskinan ekstrem menurun, pengikatan angka harapan hidup dan peningkatan Indeks pembangunan manusia dari angka 65,41 pada tahun 2020 menjadi 65,73 pada tahun 2021,” urainya.

Sementara itu, Ketua DPRD Konkep, Ishak SE yang memimpin paripurna HUT Konkep ke -10 mengatakan memperingati HUT Konkep yang ke 10 ini merupakan salah satu bentuk pihaknya dalam mensyukuri nikmat kesempatan untuk mengabdi bagi masyarakat dan daerah tersebut.

“Peringatan HUT ini kita jadikan sebagai momentum untuk mengingat kembali bahwa setiap capaian pembangunan yang diraih berkat kerja keras semua pihak. Sehingga kita harus terus melanjutkan pembangunan ini kedepannya, yang pada akhirnya membuat daerah yang kita cintai ini menjadi daerah yang maju,” singkatnya, tutup.RS

  • Bagikan