TASPEN Hadirkan Hunian Terjangkau bagi ASN di Sulawesi Utara

  • Bagikan

JAKARTA – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Bank SulutGo, dalam Program Penyediaan Hunian yang layak dan terjangkau dengan tenor pembayaran hingga masa Pensiun di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Program ini diharapkan dapat memudahkan para ASN muda yang berdomisili jauh dari tempat kerja untuk mendapatkan hunian yang dekat dengan tempat bertugas.

“Terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang hadir bersama 12 Bupati/Walikota. TASPEN bersama Pemerintah Sulawesi Utara dan Bank SulutGo berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara,” ujar Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih.

Berdasarkan survey Taspen, dari total 16.000 Aparatur Sipil Negara di Sulawesi Utara, sekurang-kurangnya terdapat 6.000 Aparatur Sipil Negara yang masih belum memiliki rumah.

“Terdapat 75 Hektar lahan yang tersedia, yang bisa dibangun sekitar 6.000 sampai dengan 7.000 rumah untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Rumah yang strategis, layak tinggal dan bisa dikembangkan karena berada di lokasi strategis,” jelasnya.

Program Hunian ASN adalah Penyediaan hunian berupa rumah tapak maupun rumah susun untuk memberikan kesempatan bagi ASN mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau dengan alternatif pembiayaan dengan periode tenor jangka panjang. Pada program ini, ASN aktif dapat melakukan cicilan bahkan hingga masa pensiun.

Kerja sama dengan Bank SulutGo juga memungkinkan ASN aktif mendapatkan kredit dengan cicilan sangat terjangkau, mulai dari Rp 1 juta.

“Sesuai dengan inisiatif Bapak Menteri BUMN Erick Thohir di mana ini merupakan terobosan dalam pembayaran perumahan karena menjadi satu-satunya pembiayaan yang memungkinkan Aparatur Sipil Negara bisa mencicil pembayaran rumah sejak aktif hingga memasuki masa Pensiun, kurang lebih 30-40 tahun,” imbuhnya.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengapresiasi Program Hunian ASN dari TASPEN yang bekerja sama dengan Bank SulutGo untuk pembayaran kredit perumahan, ini hunian tanpa uang muka, dan ini harapan masyarakat Provinsi Sulawesi Utara dan ASN di seluruh Indonesia. Sebanyak 65% ASN belum memiliki rumah, dan apabila ini berjalan lancar, TASPEN benar-benar hadir di tengah masyarakat. Terima kasih atas partisipasi TASPEN di Sulawesi Utara,” ungkap Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Kegiatan sosialisasi dan pemasaran Program Hunian ASN akan dilakukan bersama dengan Bank SulutGo sebagai penyedia alternatif pembiyaan dengan periode tenor pembayaran hingga ASN memasuki masa pensiun.

Harapannya, masyarakat maupun ASN di Sulawesi Utara tertarik terhadap program Hunian ASN dan memperoleh kesempatan untuk memanfaatkan fasilitas yang akan mempermudah ASN memiliki rumah.

Sebelumnya, program ini sudah pernah TASPEN lakukan di Kota Surakarta dan secara bertahap akan menggandeng berbagai Pemerintah Daerah lainnya dalam membantu para ASN di seluruh Indonesia untuk memiliki rumah.(jpnn/RS)

  • Bagikan