Bekas Luka Bikin Tidak Percaya Diri? Atasi Dengan 7 Bahan Alami Ini

  • Bagikan

KABUPATEN BOGOR – Apakah Anda memiliki bekas luka di wajah atau tubuh? Apakah Anda berusaha menghilangkannya, tetapi tidak juga bisa?

Bekas luka bisa diakibatkan karena berbagai hal. Mulai dari terjatuh, kena sayatan benda tajam, terbakar sinar matahari, dan lainnya.

Menghilangkan bekas luka ini tentu saja bukan hal yang mudah, terutama di wajah.

Sangat penting bagi Anda untuk melindungi kulit Anda dengan tabir surya yang baik. Namun, jika tanda-tanda kelalaian sudah terlihat, lakukan pengendalian kerusakan dengan menggunakan bahan alami yang telah dicoba dan diuji ini.

Ini bekerja dengan baik dalam meringankan bekas luka juga. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.com.gh.

1. Kentang Parut

kentang, peras airnya dan oleskan ke area yang terkena dan biarkan selama 30 menit.

Lakukan ini setiap hari selama sebulan dan Anda akan melihat perbedaan yang cukup besar.

2. Kunyit

Buat pasta kunyit kental dengan sedikit susu atau malai dan tambahkan sekitar satu sendok teh besan. Oleskan seperti masker di area gelap dan biarkan mengering.

Basuh dengan sedikit air hangat sambil memijat wajah dengan lembut. Ulangi setiap hari.

3. Jus Lemon

Jus lemon merupaka bahan alami dan juga zat pemutih yang kuat, tetapi tidak boleh digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif.

Gosokkan jus lemon murni ke wajah Anda dengan ujung jari, biarkan selama 15 menit dan bersihkan.

4. Pepaya

Enzim papain yang sangat efektif dalam mencerahkan bekas luka dan bintik hitam ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada kulit pepaya.

Buat pasta dengan mencampurkan kulitnya dengan besan, air mawar, multani mitti, madu, dan kunyit. Oleskan pada wajah seperti masker dan biarkan selama 30 menit.

5. Bubur tomat

Bubur tomat memiliki sifat detoksifikasi yang bisa membantu memudarkan bekas luka dan membersihkan kulit Anda dari komedo dan kotoran.

Cukup oleskan jus tomat segar ke wajah yang bersih, dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum dibilas.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung vitamin dan sifat antiinflamasi, yang mengurangi peradangan, kemerahan pada kulit dan menyembuhkan dirinya sendiri.

Ini juga memiliki sifat pelembab, menjaga kulit tetap lembut. Untuk hasil yang lebih baik, coba gunakan gel lidah buaya segar dua kali sehari dan tempelkan langsung pada bekas luka.

7. Mentimun

Mentimun memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mengurangi munculnya bekas luka di wajah atau tubuh.

Mentimun juga memiliki agen yang membantu mengurangi kemerahan. Cukup gosok irisan mentimun di atas bekas luka, biarkan selama 30 menit lalu bilas.

Anda juga bisa mencampurkan satu mentimun yang sudah dikupas dengan satu sendok makan yoghurt Yunani organik dan mengoleskannya ke area yang terkena. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas hingga bersih. (jpnn/RS)

  • Bagikan