Selter Covid-19 Rusunawa Bener Ditutup, di Mana Tempat Baru Isolasi Pasien?

  • Bagikan

YOGYAKARTA – Selter perawatan pasien Covid-19 di menara 1 Rusunawa Bener, Kota Yogyakarta akan segera berhenti beroperasi.

Selter yang sudah dibuka sejak 2020 itu akan kembali difungsikan sebagai hunian bagi warga Kota Yogyakarta.

Rusunawa Bener adalah salah satu rumah susun yang disediakan oleh Pemkot Yogyakarta untuk disewakan bagi warga Yogyakarta yang kurang mampu.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan keputusan untuk menutup selter Covid-19 di Rusunawa Bener diambil setelah mempertimbangkan tren penurunan kasus virus Corona.

“Melihat perkembangan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir yang cenderung landai dan turun, kami akan menempuh langkah untuk mengembalikan menara 1 Rusunawa Bener sesuai fungsi awalnya, yaitu sebagai hunian,” kata Aman, Kamis (19/1).

Rencana tersebut segera diusulkan kepada Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi, yang nantinya mengeluarkan keputusan resmi terkait penghentian operasional selter penanganan Covid-19 di Rusunawa Bener.

Aman berharap usulan tersebut dapat direalisasikan pada akhir Januari 2023 dan dilanjutkan dengan tahapan persiapan teknis untuk memfungsikan menara 1 Rusunawa Bener sebagai hunian.

Sedangkan kebutuhan penanganan pasien Covid-19 akan dioptimalkan melalui fasilitas pelayanan kesehatan atau rumah sakit rujukan yang berkomitmen untuk melakukan perubahan secara proporsional terkait jumlah tempat tidur pasien apabila terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Selain itu, Pemerintah Kota Yogyakarta juga akan melakukan sosialisasi terkait berbagai strategi dan metode penanganan pasien isolasi mandiri.

Pasien terakhir yang memanfaatkan selter di Rusunawa Bener Yogyakarta sudah menyelesaikan masa isolasi pada 3-14 Desember 2022 dan menjadi satu-satunya pasien yang memanfaatkan selter sepanjang Desember 2022.

“Kondisi selter pada akhir 2022, cenderung kosong,” kata Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Okto Heru Santosa.

Sebelumnya, selter tersebut menangani pasien pada Agustus 2022. Sedangkan pada September hingga November 2022 tidak ada lagi pasien yang masuk ke selter tersebut.

Selain Tower 1 Rusunawa Bener yang dioperasikan sebagai selter penanganan pasien Covid-19, Pemerintah Kota Yogyakarta juga pernah mengoperasikan selter di menara 2 Rusunawa Bener. Keduanya berada dalam satu kompleks.

Namun, menara 2 Rusunawa Bener sudah tidak lagi digunakan sebagai selter sejak pertengahan 2022 dan mulai September 2022 sudah dihuni oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Seluruh unit, 44 unit sudah terisi. (jpnn/RS)

  • Bagikan