Wujudkan Transparansi Melalui Transformasi Digital

  • Bagikan
Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM didampingi Sekretaris Daerah Konawe Selatan, Hj ST Chadidjah dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat berkunjung ke Amazon Web Service (AWS), Rabu (18/1). (Dokumentasi: Prokompim Konawe Selatan).

ANDOOLO – Pemerintah daerah Kabupaten Konawe Selatan dibawah kendali Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga melakukan optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan melalui transformasi digital dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

H Surunuddin menuturkan penerapan SPBE lingkup Pemerintah Daerah Konawe Selatan diharapkan dapat memperbaiki tata kelola pemerintahan sehingga bisa mencapai efisiensi, integrasi dan optimalisasi pelayanan publik.

Oleh itu, lanjut dia, dengan penerapan SPBE mampu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel.

“Masyarakat juga menuntut pelayanan publik yang transparan, cepat dan efektif. Sehingga SPBE ini menunjang pelayanan publik yang berkualitas serta meningkatkan keterpaduan dan efisiensi kinerja pemerintah,” ujar Surunuddin.

Disamping itu, lanjut Surunuddin, tata kelola pemerintahan Konawe Selatan lebih informatif untuk mewujudkan good governance.

Dengan transparansi, tambah Surunuddin, masyarakat Konawe Selatan turut berpartisipasi dalam menyukseskan pembangunan di Konawe Selatan.

Untuk lebih mempercepat dalam realisasi penerapannya, Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga didampingi Sekretaris Daerah Konawe Selatan, Hj ST Chadidjah dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkunjung ke Amazon Web Service (AWS). Kunjungan itu diterima WWPS Country Manager AWS, Mohammad Ghozie Indra Dalel di Jakarta, Rabu (18/1).

Muhammad Ghozie Indra Dalel saat menerima kunjungan Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga dan rombongan pejabat lingkup pemerintah daerah Konawe Selatan sangat mengapresiasi hal tersebut.

“Pertama apresiasi Pemda Konsel datang ke kantor AWS. Ini merupakan leadership kepemimpinan yang ditunjukan oleh pak bupati. Kedua semangat kepala dinas yang hadir cukup banyak menunjukan dari tim leadership selain pak bupati mendukung,” ujar Ghozie Indra Dalel.

Pihaknya berharap pertemuan tersebut memberi manfaat bagi pemerintah daerah.

Akan tetapi, lanjut dia, berharap ingin melihat setelah ini apa yang dilakukan agar inovasi pemerintah daerah terus dikembangkan.

“Sehingga di masing-masing dinas atau OPD ada satu inisiatif yang dilakukan untuk melakukan suatu perubahan seperti pelayanan publik atau apapun menjadi lebih baik. Dengan langkah itu bisa menjadi langkah inovasi berikutnya yang kalau dilakukan secara bersama-sama nanti InsyaAllah Konawe Selatan akan lebih baik lagi dalam pelayanan publik, optimal, dan berdampak terhadap apresiasi masyarakat,” pandang Ghozie.

Untuk diketahui, Amazon Web Services (AWS) lembaga internasional yang memberikan fasilitasi dan solusi implementasi digital, penyimpanan data berbasis Cloud dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).RAM/HDI/RS

  • Bagikan