Presiden Jokowi Putuskan Setop Aspal Impor

  • Bagikan
Presiden Jokowi didampingi sejumlah Menteri, Gubernur Sultra H Ali Mazi dan Pj Bupati Buton Basiran mengunjungi Pabrik Aspal Buton di Kabungka, Selasa (27/9).

PASARWAJO – Perjuangan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Buton guna menjadikan aspal Buton sebagai tuan rumah di negeri sendiri menemui titik terang.

Hal itu dipastikan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di lokasi Pabrik Aspal Buton milik PT Wika Bitumen di Kabungka, Pasarwajo, Kabupaten Buton, Selasa (27/9/2022).

Pada kesempatan itu, Jokowi menegaskan bahwa dua tahun lagi tidak ada impor aspal, semuanya harus dikerjakan di Pulau Buton.

“Kemarin saya berbicara dengan menteri, hari ini (kemarin_red) kita lihat di lapangan. Lewat kajian dan kita harapkan ada hilirisasi di sini. Kita putuskan dua tahun lagi tidak ada impor aspal, semuanya harus dikerjakan di Buton,” katanya.

Kepala Negara mengatakan upaya tersebut dilakukan agar pabrik industri aspal Buton dapat berjalan produksinya tidak hanya mengambil materialnya saja sehingga tidak ada nilai tambah.

“BUMN silahkan, swasta silahkan, join dengan asing juga silahkan tetapi kita ingin ada nilai tambah dari aspal yang ada di Buton,” ujarnya.

Jokowi menerangkan potensi aspal Buton sangat banyak mencapai 662 juta ton. “Sehingga kalau setahun impor 5 juta, itu kita kira-kira masih 120 tahun bisa kita olah aspal itu yang ada di sini,” sambungnya.

Presiden RI itu juga mengharapkan Buton dapat hidup kembali sebagai industri penghasil aspal, bukan tambang. Sebab, jika produksi aspal dijalankan maka sudah pasti ada nilai tambah baik itu melalui pajak, royalti, deviden, dan kebutuhan tenaga kerja.

Sebagai informasi, sebelum mengunjungi pabrik aspal Buton milik BUMN tersebut, Presiden lebih dahulu menyerahkan bantuan sosial
kepada masyarakat untuk menjaga daya beli masyarakat, sekaligus sebagai salah satu program pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU) bagi pekerja/buruh, bertempat di Lapangan Pasarwajo.

Kedatangan Presiden Jokowi di Pasarwajo disambut langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Buton, Basiran, Bupati Wakatobi, Haliana, Ketua DPRD Buton, Hariasi Salad dan Forkopimda. Selain itu, nampak pula ribuan masyarakat setempat antusiasme menyambut Presiden. Bahkan sejak Presiden dan rombongan memasuki lokasi penerimaan bantuan, anak sekolah hingga ibu-ibu tak henti-hentinya meneriakkan nama Presiden Jokowi.

Usai menyerahkan bantuan, Presiden Jokowi sempat menyapa dan berfoto bersama warga sekitar sembari membagikan kaos dan buku-buku ke Anak Sekolah Dasar. Jokowi juga tak bosan melambaikan tangan dan melemparkan senyum kepada warga.

Pada kunjungan kerjanya di Kabupaten Buton, Presiden didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Gubernur Sultra, Ali Mazi. (RS)

  • Bagikan