Pembangunan Patung Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo Dimulai

  • Bagikan
Peletakan batu pertama proyek pembangunan patung pahlawan nasional asal Buton, Oputa Yi Koo dimulai di Baubau, Kamis (22/9/2022). Gubernur Sultra, H Ali Mazi menghadiri kegiatan tersebut.

BAUBAU – Pembangunan patung pahlawan nasional asal Buton, Oputa Yi Koo yang juga dikenal dengan nama Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi yang rencananya akan dibangun di  Kotamara (Kota Baubau) kini terealisasi.

Patung Oputa Yi Koo ini dibangun di atas permukaan laut dengan luas area tugu, yaitu 8.897 M2 atau 0,89 Hektar, setinggi 23 Meter, akan rampung dalam dua tahun ke depan dengan konsep arsitektur klasik. Total anggaran yang dibutuhkan hingga selesainya pembangunannya berkisar Rp 60 Miliar menggunakan dana APBD Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tidak lama setelah Pengukuhan Oputa Yi Koo sebagai Pahlawan Nasional tepatnya pada tahun 2019 lalu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara langsung berinisiatif merencanakan Pembangunan Patung Oputa Yi Koo.  Pembangunan Patung Oputa Yi Koo mulai dilaksanakan, diawali dengan peletakkan batu pertama, Kamis (22/9/2022).

 Pembangunan Tugu Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Said di Kota Bau-Bau ini merupakan salah satu upaya untuk peningkatan pariwista di kota Baubau sekaligus memperkenalkan kepada anak cucu leluhur bangsa Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo  yang telah berjuang dengan gigihnya melawan Belanda.

Esensi pendirian patung ini bertumpu pada pertimbangan fundamental, bahwa keberadaan patung tersebut diharapkan dapat memantik spirit generasi bangsa untuk senantiasa menginternalisasi semangat perjuangan Oputa Yi Koo dalam diri masing-masing, agar berupaya menjadi pahlawan, khususnya bagi masyarakat dan daerah Sulawesi Tenggara. Demikian disampaikan Gubernur Sultra, H  Ali Mazi pada saat peletakan batu pertama, kemarin.

“Pada kesempatan ini, saya instruksikan kepada Dinas Cipta Karya Provinsi Sulawesi Tenggara untuk benar-benar memaksimalkan penggunaan anggaran yang ada, dan memastikan semua pelaksanaan pekerjaan proyek ini sesuai dengan standar yang telah ditentukan agar pembangunan patung Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo, dapat mencapai hasil sebagaimana yang diharapkan,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur Ali Mazi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, terkhusus DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Forkopimda, dan Pemerintah Kota Baubau atas dukungannya, sehingga pekerjaan fisik pembangunan Patung Oputa Yi Koo, dapat dimula.

“Semoga pengerjaannya dapat berjalan lancar, serta dapat selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan, yang Insyaa Allah bermanfaat bagi kemajuan pembangunan masyarakat, daerah Sulawesi Tenggara, serta bangsa dan negara kita,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Dalam    releasenya, Juru Bicara Gubernur Sultra Ilham Q. Moehiddin menyebutkan bahwa turut hadir pada acara teresbut  antara lain pada kegiatan tersebut di antaranya, Forkopimda Provinsi Sulawesi Tenggara: Kapolda Sultra, Irjen. Pol.  Teguh Pristiwanto; Kejaksan Tinggi Sultra, Raimel Jesaja; Danrem 143 Halu Oleo, Brigjen TNI Yufti Senjaya, sejumlah bupati/wali kota se-Sultra, para tokoh masyarakat setempat dan sejumlah undangan. (RS)

  • Bagikan