Ali Mazi: Kerukunan Dalam Keragaman Patut Terus Dijaga Rakorda FKUB Sultra 2022

  • Bagikan
Foto bersama Gubernur Sultra, H Ali Mazi (tengah) di sela-sela Rapat Koordinasi Daerah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sultra di Hotel Claro.

KENDARI – Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH menghadiri rapat koordinasi daerah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022 yang berlangsung di Hotel Claro, Kendari (20/9/2022).
Gubernur mengapresiasi diadakannya kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Forum Kerukunan Umat Beragama karena merupakan bentuk komunikasi efektif masing-masing agama, sehingga hasilnya dapat menjadi masukan bagi Pemerintah Daerah dan Forum Kerukunan Umat Beragama.

Kemajemukan agama dan keyakinan yang ada di Indonesia, pada hakekatnya merupakan aset yang sangat berharga bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Terwujudnya umat beragama yang hidup rukun merupakan harapan seluruh masyarakat Indonesia yang plural.
Kerukunan dalam keragaman patut terus dijaga. Apalagi, dunia juga menilai Indonesia sebagai model terbaik dari konsep masyarakat rukun yang multikultural. Keragaman perlu disyukuri. Keragaman tidak diminta, melainkan pemberian Tuhan, bukan untuk ditawar tapi untuk diterima.
Di tengah keberagaman, Indonesia masih berdiri kokoh, bersatu terus bergerak maju, mengejar negara-negara lainnya di dunia, yang lebih dulu maju. Demikian diungkapkan Gubernur Ali Mazi pada kegiatan tersebut.
“Tugas penguatan kerukunan umat beragama di samping dilakukan oleh pemerintah, juga dilakukan oleh para tokoh agama. Karena para tokoh agama ini merupakan modal yang berharga bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan kerukunan umat beragama,” ujar Ali Mazi.
Gubernur menambahkan, bahwa dengan melalui kesempatan ini, saya selaku Pimpinan Daerah kembali menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja para penggerak dan aktivis kerukunan umat beragama dalam merawat kerukunan dan toleransi di masyarakat, terutama di level akar rumput.
“Semoga kita dapat terus menciptakan kehidupan berbangsa yang kondusif dan harmonis,” pinta Gubernur Ali Mazi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama Republik Indonesia, Dr. H. Wawan Djunaedi, MM; Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Asrun Lio; Kepala Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Sultra, Dr. Drs H. Izzuddin Hm, S.H., M.H.; Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Prov Sultra, Drs. H.A.Rustam Tamburaka, M.Si.; serta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sultra, H. Zainal Mustamin, S.Ag., MA.

Turut hadir pula Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Sultra bersama segenap Pengurus FKUB Provinsi Sultra; para Ketua FKUB Kabupaten/Kota, serta segenap Pengurus Daerah FKUB se-Sultra; dan para Pimpinan Lembaga Keagamaan se-Provinsi Sultra, serta para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan para Pimpinan Instansi Vertikal (Kementerian/Lembaga) lingkup Wilayah Sulawesi Tenggara. (RS)

  • Bagikan