Ali Mazi: Maksimalkan Terwujudnya Program GARBARATA

  • Bagikan
Ketgam: Gubernur Sultra, Ali Mazi saat membawakan sambutan di Ekspos Empat Tahun AMAN yang berlangsung di Claro Hotel Kendari, Senin (5/9/2022). Foto: Herdi/RS

KENDARI – Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi – Lukman Abunawas (AMAN) telah memasuki tahun ke empat kepemimpinan. Hal ini ditandai melalui pelaksanaan Ekspos Empat Tahun AMAN yang diinisiasi Biro Administrasi Pembangunan Setda Sultra.

Kegiatan yang berlangsung di Claro Hotel Kendari ini, Senin (05/09/22) dihadiri langsung Ali Mazi dan Lukman Abunawas. Termasuk terlihat unsur Forkopimda Sultra.

Ali Mazi dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa prioritas pembangunan Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2018 hingga 2023 yakni memaksimalkan terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat melalui GARBARATA atau Gerakan Akselerasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Daratan dan Lautan atau Kepulauan.

“Adapun implementasi GARBARATA ditopang lima pilar yakni, Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Berbudaya dan Beriman dan Sultra Produktif,” terang orang nomor satu di Sultra tersebut.

Gubernur menjabarkan, implementasi program Sultra Cerdas diwujudkan dalam bantuan operasional sekolah, pengembangan budaya baca, pembinaan perpustakaan. Termasuk, program pendidikan menengah, program pendidikan luar biasa, pembinaan dan pemasyarakatan olahraga, pengembangan sarana dan prasarana olahraga serta pembangunan perpustakaan modern.

“Sultra Sehat diwujudkan dalam pembangunan rumah sakit jantung dan pembuluh darah, peningkatan mutu dan keamanan pangan, peningkatan ketahanan pangan, perbaikan gizi keluarga, pencegahan dan pemberantasan penyakit menular, peningkatan keselamatan ibu melahirkan dan anak. Upaya kesehatan perorangan, pembangunan lingkungan sehat, peningkatan sistem jaminan kesehatan, penanggulangan penyakit tidak menular dan imunisasi serta surveilans kesehatan,” terang Gubernur.

Selain itu, lanjutnya, untuk program Sultra Peduli Kemiskinan diwujudkan dalam program stimulus perumahan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja, pembedayaan fakir miskin, bantuan jaminan kesejahteraan sosial. Lalu ada, pengembangan lembaga ekonomi pedesaan, peningkatan keberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi pedesaan.

Sementara itu, Sultra Beriman dan Berbudaya, diwujudkan dalam pengembangan nilai budaya, pengelolaan kekayaan budaya, pelestarian budaya, penguatan ideologi pancasila dan karakter kebangsaan, pemberantasan penyakit masyarakat dan peningkatan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Sultra Produktif, wujudkan dalam program pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan akses jalan pariwisata Kendari-Toronipa, peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja. Optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup, perlindungan dan konservasi sumber daya alam dan pengendalian dampak perubahan iklim,” tutup Gubernur. (RS)

  • Bagikan