Diguyur Hujan Pawai Ta’aruf dan Etno Religi Karnaval MTQ Meriah

  • Bagikan
Juru Bicara Gubernur Sulawesi Tenggara.

KENDARI, rakyatsultra.com – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas menghadiri pelaksanaan Pelepasan Pawai Ta’aruf dan Etno Religi Karnaval Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 tingkat Provinsi  Sultra yang digelar di Panggung Penghormatan, Tugu Persatuan Sultra, Rabu (10/8/2022).

Pelepasan pawai oleh Wakil Gubernur, start dari Mesjid Raya Alkautsar Kendari dan finish di pelataran kawasan Tugu Religi atau lapangan eks. MTQ diterima oleh Gubernur Sultra Ali Mazi.

Peserta kegiatan yakni para perwakilan khafilah 17 Kab/Kota, barisan sekolah tingkat SMA, SMK, Madrasah dan Pondok Pesantren, serta perwakilan barisan umum terdiri dari para ormas lintas agama, paguyuban nusantara, BKMT, dan unsur FKUB.

Pada pembukaan Pawai Ta’aruf dan Etno Religi Karnaval Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas didampingi Asisten I Ilyas Abibu, Wakil Ketua MUI Sultra KH Djakri Nappu , Kanwil Kemenag Prov. Sultra H. Zainal Mustamin, Kepala Biro Organisasi Tata Laksana, dan ketua BPMD Sultra.

Sementara itu, di lokasi finish hadir mendampingi Gubernur Sultra; Unsur Forkopimda, Anggota DPR RI dapil Sultra, Hugua. Selain itu, hadir juga pimpinan lembaga vertikal baik sipil maupun TNI/Polri, serta sejumlah Kepala OPD lingkup pemprov, Bupati/Wali Kota se-Sultra.

Sebelum melepas pawai, Wakil Gubernur Lukman Abunawas mengatakan dalam sambutannya bahwa pawai ta’aruf dan pawai karnaval merupakan rangkaian dalam rangka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an yang ke-29 Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Wakil Gubernur juga menyampaikan ucapan terima kasih atas terselengaranya acara peringatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Prov. Sultra ke-29.

“Atas nama pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tenggara menyampaikan terima kasih terutama kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara dan jajaran Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang telah memeriahkan dan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an, sekaligus memperingati hari HUT RI ke-77 pada tanggal 17 Agustus 2022” Tutur Wagub.

 Wagub Sultra Lukman Abunawas mengatakan “sebagai ketua umum Musabaqah Tilawatil Qur’an Provinsi Sulawesi Tenggara melepas pawai ta’aruf dan karnaval dari seluruh peserta secara resmi.” ujar Wakil Gubernur.

Saat melepas peserta pawai ta’aruf, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengapresiasi seluruh peserta pawai ta’aruf dan Etno Religi Carnaval yang berlangsung meraih meski diguyur hujan, demi semangat dalam memeriahkan MTQ dan menggemakan kalam illahi, termasuk memeriahkan hari kemerdekaan ke-77  Republik Indonesia tahun 2022.

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tenggara KH.Mursidin mengatakan pawai ta’aruf dan Etno Religi Carnaval juga bagian dari warna dalam moderasi beragama di Sulawesi Tenggara, sehingga toleransi antarumat beragama juga tetap terjaga dengan baik.

“Moderasi beragama di Sultra cukup kuat dan dengan melalui kegiatan seperti pawai ta’aruf dan carnaval yang diikuti seluruh lintas agama telah menggambarkan kerukunan antar umat di daerah ini tetap terjaga dan harmonis,” katanya.

Pawai ta’aruf dan etno religi carnaval serangkaian pembukaan MTQ tingkat provinsi Sultra di Kendari, pesertanya selain mengenakan busana muslim juga tenunan khas daerah dari 17 kabupaten/kota se Sultra ditambah kendaraan hias yang mewarnai keindahan di sepanjang jalan Abdulah Silondae yang dilintasinya.

Antusias masyarakat di Kota Kendari, meski di suasana hujan tetap ramai meskipun di sisi jalan tidak semarak dengan biasanya karena banyak berteduh di sisi rumah dan gedung yang dilalui peserta carnaval dan peserta kendaraan hias dari kabupaten kota di Sultra. (RS)

  • Bagikan