Tambosupa, Juara Lomba Desa Tingkat Provinsi Sultra 2022

  • Bagikan
Kegiatan lomba desa di Desa Tambosupa beberapa waktu lalu yang langsung dilakukan penilaian oleh tim penilai provinsi Sulawesi Tenggara.

ANDOOLO, rakyatsultra.com – Desa Tambosupa menorehkan prestasi membanggakan. Desa yang berada di Kecamatan Moramo itu berhasil menjadi juara lomba Desa pada ajang lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sultra tahun 2022.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Konsel, Drs Annas Mas’ud M.Si. ” Kami sudah menerima informasi tersebut, rencananya hari ini  Kamis (4/8) kami akan mengambil SK yang sudah ditandatangani Gubernur tersebut di PMD Provinsi Sultra,” jelas Annas kepada media ini.

Dijelaskan Annas Desa Tambosupa berhak mewakili provinsi Sulawesi Tenggara diajang serupa tingkat nasional dengan hasil penilaian evaluasi desa kelurahan  tahun 2020 dan 2021 memiliki nilai 464 kategori cepat berkembang, dan memiliki nilai profil desa tahun  2021 dengan masuk kategori swakarya.

Mantan Kadiskominfo Konsel ini menyatakan prestasi ini tidak lepas dari dukungan yang produktif  dari Bupati H Surunuddin Dangga,  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Konsel yang teknis membantu serta pemerintah kecamatan moramo dan elemen pemerintah desa dan masyarakat desa Tambosupa.

Annas menambahkan beberapa nilai tambah yang dimiliki oleh desa Tambosupa yang kemudian menjadi faktor penentu kemenangan dalam lomba Desa 2022 yakni telah diterapkannya konsep desa digital dengan memanfaatkan website desa untuk menjadi salah satu sumber informasi masyarakat dan sekaligus dapat melakukan pelayanan beberapa surat elektronik dan mulai memperkenalkan perpustakaan digital.

” Kerjasama antar lintas sektor OPD baik sektor pertanian dalam arti luas dan kesehatan, infrastruktur termasuk perumahan telah mampu merubah wajah Desa Tambosupa menjadi lebih produktif dan makin berkembang,” tambahnya.

Alumni IPDN 05 ini menjelaskan selanjutnya akan dilakukan pembinaan lintas sektor untuk semakin mengembangkan potensi yg ada antara lain pengembangan wisata desa dan penataan desa dalam menyambut penilaian lomba Desa di tingkat Nasional. (RS)

  • Bagikan